• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Membangun Prestasi Melalui Sekolah Sehat

    Membangun Prestasi Melalui Sekolah Sehat

    Setelah melalui  penilaian dan pemilihan sekolah sehat tahun 2014, akhirnya predikat sekolah sehat tingkat Kota Palembang  untuk kategori SMA/Sederajat diraih oleh SMA Plus Negeri 17 Palembang.  Hasil ini diperoleh setelah SMA Plus Negeri 17 Palembang meraih nilai tertinggi diantara sekolah lainya.

    Penyerahan Piagam Penghargaan dari Walikota Palembang sebagai pemenang sekolah sehat tahun 2014 itu diperoleh pada saat malam penghargaan dan syukuran hari ulang tahun Kota Palembang yang ke-1331 tahun 2014 di rumah dinas Walikota Palembang, (17/06). Predikat ini menggenapi raihan prestasi Sekolah Adiwiyata Mandiri yang sudah melekat pada SMA Plus Negeri 17 Palembang sebelumnya. Karena banyak kaitan antara sekolah sehat dengan kriteria sekolah adiwiyata.

    Sekolah sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah sehat selalu membangun kesehatan siswa baik jasmani maupun rohani, melalui pemahaman, kemampuan dan tingkah laku, sehingga siswa bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatan mereka secara mandiri. Sekolah sehat menyadari sangat pentingnya kesehatan siswa dalam membantu mereka mencapai prestasi maksimal dan untuk meningkatkan standar kehidupan mereka.

    Hal-hal yang dinilai dalam Lomba Sekolah Sehat, antara lain:

    1. Penilaian terhadap Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Aspek yang dinilai meliputi kegiatan pembinaan UKS, diantaranya pemantauan, pelatihan, dan keterlibatan sekolah
    2. Penilaian terhadap sekolah, dengan aspek yang dinilai antara lain kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah, dan UKS.
    3. Penilaian terhadap perilaku kesehatan peserta didik, diantaranya pengetahuan tentang UKS, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
    4. Penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan, seperti pelaksanaan penjaringan kesehatan dan penyuluhan oleh petugas Puskesmas, dan lain-lain

    Selain itu kriteria penilaian didasarkan atas Trias UKS. Hal itu meliputi pemeliharaan lingkungan, fasilitas UKS yang lengkap dan mendukung, adanya kantin sehat, dan adanya taman yang teduh. Sekolah harus memiliki aspek kenyamanan, kerindangan dan keasrian. Dan tentu saja membudayakan bersih dan sehat di mulai dari sekolah nantinya sampai ke rumah tangga dan lingkungan masyarakat. Pola hidup bersih dan sehat sudah harus terlihat dalam perilaku para siswa. Para guru berusaha selalu memberi teladan perilaku sehat dan bersih. Pihak sekolah memiliki program jumat bersih, Badan Sehat Lingkungan Sehat (BSLS), lomba kebersihan kelas dan piket kebersihan yang dilakukan setiap pagi sebelum kelas dimulai.