• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Presentasi Pada Evaluasi Bugemm Tahap II

    Presentasi Pada Evaluasi Bugemm Tahap II

    Kemarin Sabtu (31/05) dan hari ini, Senin (02/06) peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang sedang menjalani kegiatan Ujian Karya Tulis Bugemm tahap II Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegiatan rutin tiap akhir semester ini sebagai awal rangkaian penilaian di akhir semester ini sekaligus menentukan kenaikan kelas sebelum Ulangan Semester minggu depan.

    Kegiataan larya tulis Bugemm diakhiri dengan presentasi di depan guru penguji. Hal ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab peserta didik sebagai penyusun/peneliti bahwa yang ditulis itu merupakan murni kaya penulis sendiri, bukan hasil menjiplak. Supaya hasil presentasi efektif, efisien dan menarik sehingga memperoleh hasil maksimal tentu diperlukan persiapan yang khusus.

    Dalam evaluasi Bugemm, presentasi memeiliki nilai 30% dari nilai keseluruhan (makalah 50% dan Tanya jawab 20%). Namun presentasi merupakan hal yang begitu penting, dimana guru penguji dapat mengetahui penguasaan materi dan isi karya tulis secara langsung. Memang keberhasilan sebuah presentasi juga akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan bakat pribadi penyaji. Maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghasilkan presentasi yang baik, antara lain:

    Persiapan yang matang, Persiapan merupakan 90% bagian dari presentasi, dan sisanya sebesar 10% adalah penyajian dan diskusi. Meskipun penyaji menguasai subyek dan mampu berbicara penuh wibawa, persiapan yang cermat tetap diperlukan, Kedua, persiapan Bahan Presentasi, Bahan presentasi dapat dikemas lebih menarik dan tidak membosankan menggunakan media powerpoint, prezi atau menggunakan bahan presentasi yang lebih interaktif lainnya. Tujuan penyajian bahan presentasi adalah semata-mata sebagai panduan agar materi presentasi tidak keluar dari bahan yang telah ditetapkan.

    Beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam presentasi antara lain adalah
    a.    Kuasai Lingkungan. Penguasaan lingkungan diperlukan untuk menghindari tekanan mental ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    b.    Perhatikan audience. Tatap audience secara merata dan bergantian, sehingga mengesankan bahwa anda sangat memperhatikan mereka. Jangan palingkan pandangan pada langit-langit atau lantai sehingga mengesankan anda tidak percaya diri.
    c.    Bicara lugas. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas, yang mengesankan anda tidak sombong
    d.    Jelaskan media, media presentasi hanya sebagai panduan untuk menjaga alur presentasi. Hindari membaca media presentasi kata-perkata (apalagi titik koma di baca sekalian), Pahami penjelasan tiap pointer pada powerpoint untuk mengesankan bahwa anda benar-benar menguasai yang anda tulis pada slide presentasi.

    Pada penggunaan media Powerpoint, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan animasi dan sound yang tidak perlu. Gunakan animasi dan sound seperlunya hanya diperlukan (misalnya jika menjelasakan proses perubahan grafik, gunakan animasi gerak yang menunjukkan proses.