• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014

    Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan bersama Kompas Muda melakukan aksi sosialisasi pelaksanaan pemilu legislatif tahun 2014 bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang hari ini Sabtu (01/03). Salah satu sasaran untuk sosialisasi tersebut yaitu pemilih pemula di tingkat SLTA/sederajat di Palembang.

    Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang, Drs. H. Syaiuful Bahri, M.M. menyambut baik kehadiran Tim dari KPU Sumatera Selatan bersama tim Kompas Muda dalam acara sosialisasi ini sehingga diharapkan para pemilih pemula yang berusia 17 tahun di SMA Plus Negeri 17 Palembang bisa menggunakan hak suaranya dalam pemilu mendatang. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan pendidikan karakter dan pendidikan berpolitik kepada peserta didik yang ada di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    Sosialisasi yang diikuti seluruh peserta didik dan guru-guru di SMA Plus Negeri 17 Palembang ini meliputi pengenalan pemilu, tata cara pemilihan dan sarat pemilih akan dilakukan ke semua sekolah. KPU Sumatera Selatan dan para relawan akan terus melakukan sosialisasi ke pemilih pemula dengan sasaran sekolah-sekolah tingkat SLTA/sederajat guna memberikan pemahaman tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilu mendatang.

    Tim dari KPU Sumatera Selatan membawa sejumlah contoh lembaran surat suara untuk pemilihan DPR, DPD, DPRD propinsi dan DPRD kabupaten atau kota. Para peserta didik juga dilatih melipat lembaran surat suara yang benar agar tidak rusak saat pemungutan suara dalam pemilu berlangsung.

    Dari sosialisasi tersebut diharapkan para pemilih pemula bisa memberikan hak suara dengan baik. Kegiatan sosialisasi ini juga sebagai upaya untuk menekan angka golput. Utamanya untuk masyarakat usia produktif dan pemilih pemula. KPU Sumatera Selatan akan terus melakukan sosialisasi untuk menarik minat para pemilih pemula yang rata-rata masih pelajar, agar tidak sampai golput dan juga agar mereka menolak politik uang atau politik uang.

    Informasi selanjutnya dapat dilihat di www.kpu.go.id