• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Peran Orang Tua/ Wali Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

    Peran Orang Tua/ Wali Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

    Sekolah sebagai sarana pendidikan formal tentu memerlukan banyak hal yang mendukung, antara lain kepentingan dan kualitas yang baik dari kepala sekolah dan guru, peran aktif dinas pendidikan atau pengawas sekolah, peran aktif orangtua dan peran aktif masyarakat sekitar sekolah.

    Orang tua dan sekolah merupakan satu kesatuan yang utuh di dalam mendidik anak, agar apa yang dicita-citakan oleh peserta didik, orang tua atau sekolah dapat tercapai, maka harus ada kekonsistenan dari kedua belah pihak dalam melaksanakan program-program yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

    Setidaknya, itulah yang tergambar dari kegiatan Rapat Pleno Komite SMA Plus Negeri 17 Palembang tahun 2013/2014 pada hari Sabtu (01/02) kemarin. Rapat yang dilaksanakan di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang tersebut dihadiri oleh Pengurus Komite SMA Plus Negeri 17 Palembang, Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan orang tua peserta didik mengagendakan Laporan pertanggungjawaban kegiatan Komite tahun 2012/2013, Paparan rencana dan pengesahan RAPBS 2013/2014, diskusi dan lain-lain.

    Peran Komite Sekolah begitu kental dalam menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan, mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan, serta mendorong orangtua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan.

    Oleh sebab itu harus terjalin kerjasama yang baik di antara pihak-pihak tersebut di atas, terutama antara sekolah dan orang tua peserta didik. Orang tua mendidik anaknya di rumah, dan di sekolah untuk mendidik anak diserahkan kepada pihak sekolah atau guru, agar berjalan dengan baik kerja sama di antara orang tua dan sekolah maka harus ada dalam suatu rel yang sama supaya bisa seiring seirama dalam memperlakukan anak, baik di rumah ataupun di sekolah.