• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Kunjungan Tim Adiwiyata Ke Sekolah Binaan

    Kunjungan Tim Adiwiyata Ke Sekolah Binaan

    Sebagai sekolah yang berpredikat Sekolah Adiwiyata Mandiri, SMA Plus Negeri 17 Palembang wajib mengadakan  pembinaan kepada  sekolah-sekolah adiwiyata binaan guna mewujudkan sekolah-sekolah di Palembang menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dan kemudian menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri, sekaligus mewujudkan Palembang sebagai barometer pendidikan berwawasan lingkungan.

    Seperti kegiatan yang dilakukan oleh tim Adiwiyata SMA Plus Negeri 17 Palembang pada hari Kamis (30/01) kemarin yang melaksanakan pembinaan ke SMP Negeri 9 Palembang dan SMP Negeri 10 Palembang. Tim yang terdiri dari Ibu Ria, Mam Marwiyah, Sir Arpani dan Pak Bambang berkunjung ke kedua sekolah tersbut untuk berkoordinasi dan memberikan informasi seputar program sekolah adiwiyata.

    Tujuan Program Adiwiyata ini adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, peserta didik dan warga lainnya), sehingga upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Beberapa sekolah yang telah mendapat predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional diharapkan mampu untuk meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri. Proses seleksinya didasarkan pada empat kriteria yang meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

    Dengan program adiwiyata, maka pemerintah berusaha memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang telah berhasil mendidik masyarakat sekolahnya menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penghargaan adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia.