• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Uji Coba Ujian Nasional Tahap Pertama

    Uji Coba Ujian Nasional Tahap Pertama

    Beberapa hari ini, peserta didik kelas XII SMA Plus Negeri 17 Palembang disibukkan dengan Uji Coba Ujian Nasional Tahap I. Uji Coba ini merupakan salah satu program sekolah dalam mempersiapkan peserta didiknya menghadapi Ujian Nasional 2014 bulan April mendatang. Meskipun bersifat uji coba, para peserta didik tampak serius menjalani kegiatan ini.

    Uji Coba UN tahap I ini ditujukan untuk memperoleh data awal baik oleh sekolah, guru mata pelajaran maupun peserta didik itu sendiri.  Data ini akan dijadikan sebagai kajian sampai berapa jauh kesiapan peserta didik mengenai materi dan kompetensi yang dirasa masih memerlukan perhatian khusus.

    Selain itu para peserta didik mulai dibiasakan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat UN, baik itu berlatih dalam mengisi lembar jawaban  komputer, sehingga kesalahan-kesalahan yang bersifat mendasar dapat dihindari, dan mengurangi kegugupan yang biasa dialami peserta didik ketika ujian. Selain itu para peserta didik juga akan terlatih dengan tipe-tipe soal UN nantinya, sehingga dalam menghadapinya mereka tidak kesulitan.

    Upaya lain yang dilakukan sekolah dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi UN selain Uji Coba adalah dengan mengadakan bimbingan secara intensif pada tiap mata pelajaran yang di UN-kan. Bahkan, membagikan standar kompetensi lulusan dan mendalami ruang lingkup materi yang diujikan kepada peserta didiknya yang akan menghadapi UN agar lebih terfokus.

    Hasil Uji Coba UN tahap pertama ini pun dapat langsung diketahui para peserta didik beberapa jam setelah pelaksanaan tes. Meskipun belum dapat dikatakan sebagai hasil dari kemampuan maksimal peserta didik karena memang ada sebagian materi pelajaran yang belum diberikan, namun pada dasarnya sebagian besar soal yang diujicobakan bersumber dari materi yang sudah diajarkan diambil dari materi pelajaran kelas X, XI dan XII.