• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Manfaatkan Lingkungan Sebagai Ruang Belajar

    Manfaatkan Lingkungan Sebagai Ruang Belajar

    Untuk  menyegarkan otak, menambah pengalaman dan memberikan suasana yang baru, beberapa kali proses pembelajaran sekolah dapat dilaksanakan di luar kelas. Kegiatan pembelajaran diisi dengan pengamatan secara langsung sesuai dengan tema/topik pembelajaran yang sedang diberikan.

     

    Belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas. Pembelajaran tak perlu melulu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka tempat manusia bisa saling berinteraksi satu dengan yang lain maupun dengan lingkungan.

    SMA Plus Negeri 17 Palembang yang memiliki luas sekitar tiga setengah hektar dengan kondisi lingkungan yang masih banyak pohon dan lahan tertutup vegetasi sangat memungkinkan pembelajaran dilakukan di luar ruangan. Guru mengajak para siswa untuk belajar di luar sekolah agar mereka tidak jenuh, dan dapat mengembangkan kreativitas serta melihat berbagai hal berlangsung nyata di lapangan. Kegiatan seperti ini nyata betul manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi pembelajaran, sekaligus membuka wawasan siswanya, memberi pengaruh positif, dapat menambah wawasan, bahkan dapat langsung diaplikasikan di lapangan.