• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Kegiatan Evaluasi Bugemm Tahap I TP 2013/2014

    Kegiatan Evaluasi Bugemm Tahap I TP 2013/2014

    Setelah melalui rangkaian tahap bimbingan dan konsultasi pembuatan karya tulis dalam program Bugemm, tibalah saatnya untuk ujian. Dalam waktu dua hari ini Jumat dan Sabtu (20-21/12) semua peserta didik menghadapi evaluasi Bugemm tahap I bersama guru penguji masing-masing.

    Bagi peserta didik yang memang sudah siap sejak lama tentu hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu untuk ujian Bugemm. Karena disinilah tahap akhir karya tulis mereka diuji dan dipresentasikan dihadapan teman-teman dan guru penguji. Hasil karya tulis peserta didik akan diapresiasi dan diberikan masukan jika memang diperlukan demi terwujudnya karya yang baik.  Baik dalam hal isi maupun baik dalam hal redaksi/penulisan karya tulis yang sesuai kaidah penulisannya. Tak jarang ditemukan karya tulis yang dapat digolongkan sebagai karya inovasi baru dan berbobot.

    Menulis karya ilmiah sederhana sebenarnya mudah. Dimulai dengan mencari ide yang berasal dari rasa ketertarikan atau kepedulian terhadap suatu masalah di sekitar kita. Kemudian ide tersebut dan kembangkan dengan sungguh-sungguh. Kemudian saat itu juga mencari bahan-bahan pendukungnya seperti buku-buku, informasi dan data pendukung lainnya. Jadi saat tiba waktunya tidak buru-buru menulis dan akhirnya jadi berantakan. Kemudian mulai menentukan judul yang menarik minat pembacanya kelak. Tetapi harus diimbangi juga dengan gaya penulisan atau pemilihan kata atau kalimat yang mudah dibaca dan dimengerti.

    Bimbingan dan konsultasi juga penting dilakukan agar karya tulis menjadi terarah. Masing-masing peserta didik diberrikan satu pembimbing pokok dan dapat minta bimbingan guru pembimbing yang lain jika memang diperlukan. Bab per bab jika dilakukan dengan urutan dan tata cara yang benar sesuai petunjuk, niscaya tidak ada kesulitan bagi peserta didik. Dan pada akhirnya ujian tahap akhir Bugemm inilah berjalan lancer dan baik.