• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Tahap Penyelesaian Karya Tulis Bugemm Evaluasi I

    Tahap Penyelesaian Karya Tulis Bugemm Evaluasi I

    Setelah selesai dengan jadwal Ulangan Semester Ganjil minggu lalu, mulai senin ini (16/12) peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang disibukkan dengan penyelesaian karya tulis Bugemm mereka. Dan di sela-sela mengoreksi hasil ulangan siswa, para guru menyempatkan diri untuk melayani konsultasi Bugemm peserta didik bimbingannya.

    Sehari setelah  selesai ulangan semester ganjil bukan berarti waktunya bersantai dan berdiam diri bagi peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang. Akan tetapi justru semakin banyak yang harus dipersiapkan untuk mengakhiri semester ini dengan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah persiapan ujian Bugemm Evaluasi 1 yang akan dilaksanakan akhir minggu ini. Sebagian besar peserta didik tinggal menyelesaikan tahap finishing karya tulis mereka setelah berkonsultasi dan disetujui oleh pembimbing mulai Bab I sampai dengan Bab V Bugemm.

    Tuntutan dalam menyelesaikan tugas karya tulis (Bugemm) bagi peserta didik adalah untuk melaksanakan proses penelitian sederhana secara benar sesuai dengan kaidah yang berlaku tanpa ada keharusan menemukan dan mengoreksi teori yang telah ada. Selama peserta didik mampu melakukan langkah-langkah dalam kegiatan penelitian secara urut dan benar maka tugas Bugemm tersebut sudah memenuhi syarat. Ditambah dengan arahan dan bimbingan dari guru pembimbing melalui tatap muka konsultasi, maka tidak akan ada permasalahan untuk proses finishing Bugemm tersebut.

    Tahap finishing/penyelesaian Bugemm ini berupa penulisan halaman judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar pustaka, lampiran-lampiran dan selanjutnya mendapatkan surat rekomendasi untuk ujian karya tulisnya. Penyelesaian akhir ini juga perlu untuk dikonsultasikan kepada guru pembimbingnya agar diperoleh karya tulis yang baik dan benar menurut kaidah penulisan karya tulis ilmiah. Hal ini besar pengaruhnya terhadap baik tidaknya penilaian guru penguji pada saat ujian Bugemm dilaksanakan. Tak jarang peserta didik diminta pengujinya untuk merevisi hasil karya tulisnya yang disebabkan beberapa kesalahan ketika finishing tersebut.