• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Sosialisasi dan Uji Coba Mobile Edukasi 2013

    Sosialisasi dan Uji Coba Mobile Edukasi 2013

    Hari ini, Rabu (11/12), sebanyak 33 peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang yang terdiri dari kelas IPA dan IPS mengikuti acara Sosialisasi dan Uji Coba Mobile Edukasi 2013 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pustekkom Kemendikbud Republik Indonesia bertempat di Lantai 2 Perpustakaan.

    Sosialisasi ini untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, dan mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia. Mobile edukasi dimanfaatkan sebagai pembelajaran mandiri di luar jam pelajaran sekolah memanfaatkan waktu luang yang singkat dengan kegiatan yang bermanfaat bagi pembelajaran.

    Semakin berkembangnya teknologi terutama teknologi Handphone, maka semakin banyak pula fasilitas-fasilitas hiburan dan informasi yang kita peroleh. Saluran-saluran hiburan dan informasi yang dapat di akses melalui perangkat mobile itu semakin banyak dan beragam. Untuk itulah maka BPMP mengembangkan Mobile Edukasi (ME) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan model yang lebih menarik dan interaktif

    Tujuan dari pengembang mobile edukasi ini adalah menyampaikan informasi melalui HP yang bermanfaat untuk pendidikan, mengembangkan aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan HP, memotifasi siswa memanfaatkan waktu luang untuk belajar mandiri melalui HP. Adapun konsepnya adalah dengan slogan “Belajar cepat tanpa sekat”, cepat karena singkat, singkat karena memanfaatkan waktu sempit, singkat agar konten tidak memiliki ukuran besar, tanpa sekat karena dapat digunakan dimana saja.

    Untuk perangkat Handphone yang support Mobile Edukasi ini adalah HP yang menggunakan OS android yang diinstal aplikasi adobe air.  Untuk ke depannya akan dikembangkan untuk operating system yang lainnya.  Untuk uji coba ini file AMO diberikan dengan flashdisk/ CD atau melalui media lain (bluethoot/kabel data). Jika Proses Instalasi Adobe AIR sudah selesai, maka Aplikasi Mobile dapat dijalankan melalui folder Aplikasi di homescreen. User dapat menjalankan program secara offline melalui handphone, menjelajah menu, mempelajari materi yang dipilih, mencoba simulasi sebagai penguat pemahaman materi, atau mengerjakan latihan untuk menguji kompetensi. Setelah semua proses produksi selesai program juga dapat di download gratis di http://www.m-edukasi.kemdikbud.go.id atau http://www.m-edukasi.kemdikbud.go.id/wap