• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pentingnya Penghargaan Terhadap Prestasi Siswa

    Pentingnya Penghargaan Terhadap Prestasi Siswa

    Seperti biasa setiap hari senin pagi, warga SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan upacara bendera. Dan di setiap akhir upacara dilaksanakan pengumuman prestasi peserta didik maupun guru yang memenangkan lomba/kompetisi di berbagai level pada minggu lalu. Hal ini merupakan cara SMA Plus Negeri 17 Palembang menghargai setiap warganya yang  mengharumkan nama sekolah dengan prestasinya.

    Karakter peserta didik lebih menyukai mendapat penghargaan yang sifatnya berwujud maupun tidak berwujud. Dan ia pun akan berusaha keras mendapatkannya baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Seorang peserta didik yang rajin, berakhlak baik, berprestasi dan yang dapat menjalankan kewajiban, selayaknya memperoleh hadiah dari sekolah. Saat itulah, peserta didik tersebut akan menemukan jiwanya senang menerima itu di hadapan teman-temannya.

    Pujian sebagai bentuk penghargaan merupakan salah satu alat pendidikan yang diberikan kepada peserta didik sebagai imbalan terhadap prestasi yang dicapainya. Pujian yang merupakan penghargaan menjadi salah satu bentuk alat pendidikan yang mampu memberikan motivasi belajar bagi peserta didik. Manakala seorang peserta didik mendapatkan penghargaan karena dia berprestasi, tentu semangat belajarnya pun akan meningkat, karena keinginan untuk mempertahankan dan menaikkan prestasinya. Motivasi peserta didik akan meningkat ketika prestasi dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan belajar maupun berkompetisi itu diiringi penghargaan dan apresiasi yang baik.

    Oleh karena itu, pemberian penghargaan berupa pujian dan diumumkan di depan seluruh warga SMA Plus Negeri 17 Palembang setiap hari senin berperan sangat signifikan dalam upaya peningkatan motivasi peserta didiknya demi tercapainya keberhasilan pendidikan. Dan hal itu akan memberikan semangat bagi peserta didik terhadap pekerjaan dan prestasi baik akademik maupun non akademik. Dengan begitu, peserta didik akan bertambah semangat lagi meningkatkan prestasinya dan termotivasi untuk mempertahankannya.