• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Visitasi Akreditasi Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang

    Visitasi Akreditasi Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang

    Rabu, (16/10), Tim Asesor Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan visitasi Akreditasi Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tim Asesor terdiri atas empat orang yaitu Drs. Nurcahyo, S.S., M.Si., Drs. Supriyanto, Anggun Kusumah Tri Utami, S.IPI. dan Erna Ambarwati diterima langsung oleh Bapak Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    SMA Plus Negeri 17 Palembang menjalani kegiatan akreditasi perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) sebagai bentuk pembinaan pada perpustakaan terutama perpustakaan sekolah. Asesor meminta Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk menjawab atau mengisi instrumen akreditasi yang terdiri dari form data perpustakaan sekolah dan borang pertanyaan meliputi layanan (bobot 20%), kerjasama (5%), koleksi (15%), pengorganisasian (10%), sumber daya manusia (15%), sarpras (10%), anggaran (10%), manajemen perpustakaan (10%), dan perawatan (5%). Asesor juga meminta data-data pendukung meliputi: surat keputusan pendirian perpustakaan, struktur organisasi, pengembangan program kerja, laporan dan data statistik perpustakaan. Instrumen ini akan digunakan sebagai pedoman pelaksanaan akreditasi mendatang.

    Tim asesor melakukan pengecekan lapangan setelah sebelumnya diawali dengan sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah,  acara dilanjutkan dengan diskusi dengan para pustakawan SMA Plus Negeri 17 Palembang, mengunjungi setiap ruang koleksi dan pelayanan di gedung perpustakaan. Dan dalam sesi refleksi Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang mengucapkan terima kasih atas visitasi Tim Asesor dan mohon maaf atas segala kekurangan. Tim Asesor menyimpulkan bahwa Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang telah memenuhi standar penilaian. Semoga dari  visitasi akreditasi perpustakaan ini, Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang memperoleh penilaian yang memuaskan sehingga dapat memacu untuk dapat lebih meningkatkan kinerja dan layanannya.