• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Aksi Duta Cinta Lingkungan Menanam Tanaman Hias

    Aksi Duta Cinta Lingkungan Menanam Tanaman Hias

    Duta Cinta Lingkungan (DuCiL) SMA Plus Negeri 17 Palembang melakukan aksi menanam tanaman hias untuk manambah keindahan, kesejukan, keasrian  dan kenyamanan di lantai dua dan lantai tiga. Kegiatan ini dilaksanakan oleh anggota 7K beserta seluruh Duta Cinta Lingkungan di halaman kantor SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sabtu (28/09).

    Acara yang dipimpin langsung Koordinator 7K, Ibu Hj. Ria Wilastri, M.M. bersama seluruh anggota Duta Cinta Lingkungan tiap kelas ini digelar sebagai bukti kepedulian warga SMA Plus Negeri 17 Palembang terhadap alam dan lingkungan. Sekaligus melanjutkan program sekolah Adiwiyata untuk terus mengembangkan budaya cinta lingkungan terhadap warganya. Kegiatan  ini juga merupakan bentuk dukungan sekolah terhadap program pemerintah penanaman 1 miliar pohon.

    Begitu besarnya dampak kerusakan yang diakibatkan oleh pemanasan suhu bumi secara global menuntut kita tidak hanya diam dan hanya berfikir tanpa ada aksi nyata selanjutnya.  Sudah banyak orang yang memulai aksi penghijauan bumi. Belum dominan memang, akan tetapi apresiasi positif tentunya harus kita berikan bagi mereka yang masih sedikit jumlah tersebut. Ada yang melakukan aksi massal menanam ribuan pohon, baik itu di lahan-lahan kritis maupun pesisir pantai.

    Di kantor-kantor, para karyawan mulai sadar, dengan cara menghemat penggunaan kertas dengan cara memakainya secara bolak-balik. Di sekolah-sekolah digerakkan duta-duta cinta lingkungan yang diharapkan menjadi pelopor, motivator sekaligus motor kegiatan berbasis cinta lingkungan hidup. Duta  Cinta Lingkungan hadir dalam perannya sebagai garis depan yang secara garis besar bertugas untuk menyuarakan gagasan tentang lingkungan pada masyarakat luas Pelopor merupakan perintis hal baru dan bisa menjadi pencetus gagasan-gagasan baru dalam kapasitasnya sebagai duta pada bidang lingkungan hidup.

    Sebagai motivator Duta Cinta Lingkungan merupakan seorang yang menjadi layaknya psikolog dengan kerja dan fungsi seperti orator. Maksudnya adalah mampu menjadi seseorang yang bisa mempengaruhi masyarakat sekolah maupun masyarakat umum untuk mengikuti dirinya dalam upaya mengajak untuk berpartisipasi aktif maupun pasif terhadap isu lingkungan yang ada.

    Peran Duta Cinta Lingkungan sebagai motor dalam berbagai program maupun gagasan yang muncul, perlu adanya aksi nyata untuk membuat gagasan tersebut menjadi lebih bermanfaat tak hanya sekadar menginspirasi, namun yang lebih utama adalah mampu memberi efek perubahan terhadap pola perilaku warga sekolah yang lebih memiliki karakter khususnya mengenai cinta lingkungan hidup.

    Melalui tugas dan fungsi yang ada, Duta Cinta Lingkungan diharapkan mampu menjalankan tugas sesuai fungsinya dengan baik dan benar. Semangat untuk menciptakan lingkungan yang lebih seimbang dengan kehidupan manusia harus tetap dipelihara. Para Duta Cinta Lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan hal itu minimal di lingkungan sekolah sendiri.