• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Rock n’ Green Tour Sumatera 2013

    Rock n’ Green Tour Sumatera 2013

    Sabtu kemarin (21/09), bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang dilaksanakan acara yang bertajuk “Rock n’ Green Sumatera 2013”. Acara ini diprakarsai oleh Mongabay-Indonesia bersama Grup Band Simponi yang mengadakan rangkaian tur sekolah di lima kota besar di Sumatera selama 25 hari, mulai 21 September hingga 16 Oktober 2013.

    Dan beruntung, SMA Plus Negeri 17 Palembang menjadi tujuan pertama tur ini. Tur yangi bertujuan memberikan penyadaran lingkungan sejak dini kepada generasi muda. Maka siswa/i SMA menjadi sasaran utama kegiatan ini, apalagi SMA Plus Negeri 17 Palembang merupakan Sekolah Adiwiyata Mandiri yang memiliki misi yang sama untuk penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup.

    Tur lima kota bertajuk “Rock n’ Green Tour Sumatera 2013” yang akan mengunjungi lima kota besar di Sumatera lewat perjalanan darat ini dimulai dari Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang dan Medan. Di setiap kota, tim akan berinteraksi dan berkolaborasi dengan musisi di setiap kota, aktivis gerakan lingkungan, media, serta komunitas yang ada. Aktivitas di setiap sekolah adalah dengan memadukan seni musikalisasi dan presentasi kondisi alam dan lingkungan. Tur diskusi musikal ini merupakan salah satu cara anak muda belajar dan bertindak bersama-sama untuk kelestarian lingkungan hidup.

    Mengenai pemilihan tur di Sumatera, karena pulau ini mengalami degradasi lingkungan berat. Fokus pada generasi muda, karena mereka pemilik masa depan dan berusaha melibatkan mereka dalam pergerakan mengenai lingkungan. Luas kawasan hutan di Sumatera 27 juta hektar atau 58 persen dari luas daratan yang identik dengan dua kali luas Jawa. Hutan alam menyusut hingga 49 persen karena tekanan pembangunan dan populasi. Saat ini luas hutan baik tinggal 10 persen atau 2,7 juta hektar atau lebih kurang seluas Pulau Bangka. Dalam 25 tahun terakhir 2,6 juta hektar lahan hutan dikonversi menjadi perkebunan sawit. Hutan Sumatera tempat hidup dari spesies endemik yang saat ini terancam punah, seperti orangutan Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera dan gajah Sumatera. Silahkan kunjungi juga Mongabay-Indonesia.