• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pelaksanaan Tes ICAS English dan Mathematics

    Pelaksanaan Tes ICAS English dan Mathematics

    Hari ini (21/09), sebanyak 194 siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang kelas X dan XI, mengikuti  test Internasional pada subyek English dan Mathematics. Tes yang diselenggarakan oleh UNIVERSITY OF NEW SOUTH WALES AUSTRALIA ini lebih dikenal dengan nama ICAS (International Competitions and Assessments for Schools). Sebanyak 67 siswa mengikuti tes English dan 127 siswa mengikuti tes Mathematics.

    Tes hari ini merupakan sebuah rangkaian dari keseluruhan tes ICAS yang akan digelar hari ini dan Sabtu minggu depan sesuai dengan jadwal dari Panitia ICAS di Jakarta. Dimana jadwal hari ini tes English dimulai pukul 08.00 WIB dan tes Mathematics pukul 09.30 WIB terbagi dalam 7 ruang kelas. Masing-masing subject dialokasikan 60 menit pengerjaan soal dan pelaksanaan hari ini alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar. Jadwal untuk hari sabtu meinggu depan pada waktu yang sama adalah subjek Science dan Computer Skills.

    ICAS adalah sebuah tes berstandar international yang dapat dijadikan sebagai media untuk mengukur kemampuan siswa dalam bidang Writing, Matematika, Science, English dan Computer. Setiap peserta test akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh UNSW Australia, dan bila ada diantara mereka nantinya akan melanjutkan study ke luar negeri, khususnya Australia,maka sertifikat tersebut akan bisa dimanfaatkan dan menjadi kredit poin tersendiri.

    ICAS memberikan kesempatan bagi siswa untuk merangsang keterampilan mereka dalam hal pemikiran kritis, komprehensif, kreativitas, dan Penyelesaian masalah yang diperlukan untuk kesuksesan di sekolah dan di komunitas yang lebih luas selain kemampuan dasar akademis pada tiap bidang studi yang diukur.

    Melalui laporan diagnostik, ICAS dapat dengan lebih terinci memetakan kekuatan dan kelemahan siswa dalam bidang studi yang diukur. Hasil ICAS juga bermanfaat untuk menentukan kebijakan pengembangan program pendidikan di sekolah, khususnya proses belajar mengajar di kelas. Di Indonesia, ICAS ditujukan bagi siswa tahun ke 4 hingga 12 (Year 4 – 12) atau tingkat 4 SD sampai dengan 3 SMA. Semua siswa yang mengikuti tes ini akan menerima Sertifikat Internasional dari Universitas New South Wales, Australia.

    Manfaat  bagi sekolah
    •    Mengidentifikasi siswa berbakat yang berpotensi untuk pengayaan lebih lanjut.
    •    Mengidentifikasi siswa yang mungkin membutuhkan perhatian segera.
    •    Mengidentifikasi bidang kelemahan dalam siswa atau sekelompok siswa.
    •    Informasikan perencanaan sekolah dan alokasi sumber daya.
    •    Pengalaman dalam ujian skala besar.
    •    memperkaya portofolio siswa dengan sertifikat dan medali UNSW.