• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • PEMBINAAN TIM OLIMPIADE/KSN

    PEMBINAAN TIM OLIMPIADE/KSN

    Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau dulu dikenal dengan Olimpiade Sains adalah ajang kompetisi siswa dalam bidang sains meliputi (matematika, kimia, fisika, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, geografi dan geosain). Kompetisi dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, propinsi, nasional, dan internasional. Prestasi bidang olimpiade sains merupakan salah satu indikator keunggulan sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu, pembinaan tim olimpiade memerlukan kesungguhan dari semua pihak. Pembentukan tim olimpiade diawali dari sosialisasi kepada siswa yang diadakan pada  awal tahun pelajaran. Dilanjutkan pendataan peserta untuk selanjutnya diadakan tes seleksi untuk mendapatkan tim yang akan dibimbing oleh pembimbing khusus yang diadakan setiap hari Kamis dan Sabtu selama dua jam tiap pertemuan.  Untuk menambah wawasan siswa dalam memahami tipe soal-soal olimpiade, SMA Plus Negeri 17 Palembang juga mengikuti olimpiade tertulis yang diadakan oleh Lembaga Olimpiade Sain Indonesia. Setelah tiga bulan pembinaan dilakukan seleksi akhir untuk membentuk tim inti yang dipersiapkan mengikuti kompetisi tingkat Kota Palembang sekitar bulan Maret-April 2013. Materi pembinaan sistemnya akselerasi materi, yaitu siswa kelas X harus menyelesaikan cakupan kurikulum kelas XI dan siswa kelas XI harus menyelesaikan cakupan kurikulum kelas XII khususnya pada materi kelompok 1 dan 2 (Materi olimpiade dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu : 1. Materi yang sesuai dengan kurikulum SMA, 2. Materi hasil pengembangan dari kurikulkum SMA, dan 3. Materi yang tidak diberikan di SMA, tetapi diujikan pada kompetisi olimpiade.

    Pembinaan olimpiade / Kompetisi Sains Nasional (KSN) di SMA Plus Negeri 17 Palembang telah melahirkan para juara baik tingkat kota, provinsi maupun Nasional. Di tingkat Nasional (OSN), siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang yang berhasil mengharumkan nama Sumatera Selatan di tingkat Nasional yakni:

    1. KMS Muhammad Aurino (Perunggu Kimia) 2006

    2. Irvan Putra (Perunggu Komputer) 2006

    3. Faras Ghazali (Perunggu Komputer) 2008

    4. Muhammad Afif (Perunggu Kimia) 2010

    5. Dela Ulfiarakhma (Perunggu Kimia) 2012

    6. M. Iqbal Aufarafi (Perunggu Astronomi) 2015

    7. Siti Candisa Azzahra (Perak Geografi) 2016

    Selain pembinaan olimpiade sains/Kompetisi Sains Nasional (KSN), SMA Plus Negeri 17 Palembang juga melaksanakan pembinaan di bidang olahraga (O2SN), bidang seni (FLS2N) dan Debat Bahasa Nasional. Di bidang seni SMA Plus Negeri juga kerap memboyong prestasi Nasional, termasuk dalam Debat Nasional tahun 2014 yang meraih juara dua Nasional.