• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • DUAL KURIKULUM

    DUAL KURIKULUM

    Dalam rangka meningkatkan daya saing global, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengambil langkah maju dengan menggandeng salah satu penyedia pembelajaran internasional yaitu Cambridge International Assessment and Examination dan Sampoerna Foundation. SMA Plus Negeri 17 Palembang pada tahun ajaran 2018/2019 telah melaksanakan program dual kurikulum  (kelas Cambridge).

    Tujuan dari penerapan kurikulum Cambridge International adalah agar peserta didik mencintai proses belajar itu sendiri, bukan hanya berorientasi pada hasil. Kurikulum ini juga didesain agar peserta didik dapat mengeksplorasi pengetahuannya dari “apa” menjadi “bagaimana”. Jika kurikulum lain biasanya mengharuskan peserta didik berhasil di semua subjek pelajaran, kurikulum Cambridge International justru memfokuskan pada minat dan bakat yang dimiliki peserta didik.

    Hal itu membuat kemampuan terspesialisasi peserta didik lebih terasah secara mendalam. Selain itu, keistimewaan dari kurikulum Cambridge International adalah peserta didik mempunyai kompetensi global, ada empat karakteristik sistem pendidikan Cambridge yang berbeda dengan kurikulum nasional dan kurikulum Internasional lain, yaitu:

    • Kegiatan belajar mengajar sekolah diselenggarakan dalam bahasa Inggris, sehingga kemampuan berbahasa Inggris peserta didiknya sangat unggul.
    • Sedari dini peserta didik sudah diperkenalkan dengan international outlook. Hal ini membuat peserta didik mengetahui perbedaan di tiap negara.
    • Sistem pendidikannya modern dan selalu up to date. Hal ini penting untuk mempersiapkam peserta didik menjadi future leader.
    • Pelajar yang menyelesaikan pendidikan dan mendapat sertifikat Cambridge International A Level bisa melanjutkan pendidikan di universitas terbaik di seluruh dunia..

    Mengapa kurikulum Cambridge International bertujuan agar peserta didik fasih berbahasa Inggris? Sebab, kemampuan berbahasa Inggris diyakini akan membuat sekaligus melatih mental anak agar bisa bersaing secara global. Kurikulum ini juga bisa memberikan kesempatan untuk anak belajar di universitas terbaik di dunia.