“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 12
Konten : 527
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 973762
Home Galeri
Berita
Workshop E-learning SMA Plus Negeri 17 Palembang

workshop elearningGuna meningkatkan pelayanan kepada peserta didik khususnya pemberian materi pembelajaran,  SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan workshop E-learning yang di buka langsung oleh kepala Sekolah Bapak Drs. H. Syaiful Bahri, M.M.. Workshop ini di adakan dengan tujuan agar para guru dapat menggunakan E-lerarning yang telah dibuat sebelumnya oleh team ICT sekolah. Adapaun meteri yang diberikan adalah cara membuat dokumen PDF, membuat presentasi pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Power Point, dan bagaimana cara mengupload materi yang telah di buat ke E-learning. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru SMA Plus Negeri  17 Palembang.  Acara ini dimulai pada tanggal 14 November 2011. Kegiatan ini di laksanakan di ruang Multimedia.  Adapun alamat E-learning SMA Plus Negeri 17 Palembang adalah http://elearning.sman17plg.sch.id. Workshop ini di bagi dalam 3 angkatan yang terdiri dari :

  1. Angkatan 1 berjumlah 15 orang  meliiputi guru mata pelajaran Geografi 1 orang, sosiologi 1 orang, fisika 4 orang, kimia 4 orang, dan biologi 5 orang.
  2. Angkatan 2 berjumlah 15 orang meliputi guru mata pelajaran bahasa indonesia 4 orang, bahasa inggris 5 orang, penjasorkes 1 orang, sejarah 2 orang, ekonomi 2 orang. dan kesenian 1 orang.
  3. Angkatan 3 berjumlah 15 orang meliputi guru matapelajaran pendidikan agama islam 2 orang, kewarganegaraan 3 orang, matematika 6 orang, bahasa jepang 2 orang, dan TIK 2 orang.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Drs. H. Syaiful Bahri, M.M., Bayu Riadi, S.Pd., dan  Bahtiar Rusmana, S.Pd., M.T.. sedangkan fasilitarornya adalah Abdul Kohar, S.Kom., Alpian irama, S.Pd., M.Hum., dan Mgs. A. Halim Helmi, S.Kom.
Dana kegiatan ini bersumber dari bantuan sosial Direktur Pembinaan SMA, Dirjen Mendikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Jakarta.
Semoga dengan elearning ini semua guru bisa menggunakan media elearning untuk membantu siswa dalam penyedian meteri dan bahan pembelajaran.

 

 
SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU TAHAP III

sosialiasi 1

Seleksi tahap III penerimaan siswa baru SMA Plus Negeri 17 Palembang di mulai pada hari senin tanggal 7 Maret 2011. Pasa hari itu calon peserta didik mengikuti Psikotest dan test kemampuan bahasa inggris tertulis yang meliputi writing, reading, dan listening, hari itu juga orang tua calom peserta didik mengikuti sosialisasi. Isi dari sosialisasi itu antar lain memperkenalkan SMA Plus Negeri 17 Palembang, baik dalam bidang akademik dan non akademik seperti kegiatan proses belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, maupun kaberhasilan yang telah di raih oleh SMA Plus Negeri 17 Palembang.  Sosialisasi ini berjutujuan agar para orang tua calon peserta didik mempunyai informasi yang cukup tentang SMA Plus Negeri 17 Palembang, dengan informasi itu orang tua akan merasa yakin untuk menitipkan anaknya kepada SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk mendapat bekal yang cukup yang akan mereka gunakan di masa yang akan datang dan pada akhirnya dapat melanjutkan di perguruan tinggi yang mereka idamkan.
wawancara

Tanggal 8 maret sampai tanggal 10 Maret  2011, calon peserta didik mengikuti wawancara yang di bagi dalam 3 kelompok, masing-masing kelompokm berjumlah 100 orang yang di bagi dalam sesi pagi dan siang di masing-masing kelompok tersebut. Adapun materi wawancara yang di berikan adalah bahasa inggirs, imtaq, motivasi/disiplin, dan etika/sikap. Melalui wawancara diharapkan para guru mengetahui prilaku masing-masing calon peserta didik berdasarkan hasil wawancara yang telah di lakukan dan mengetahui kemampuan verbal bahasa inggirs para calon siswa
Hasil Psikotest, test kemampuan bahasa inggris, dan wawancara ini juga di gunakan untuk perhitungan hasil akhir dari seleksi yang di laksanakan dan di jumlahkan dengan komponen lain yang telah ada sebelumnya, yaitu hasil raport SMP dan hasil test TPA.

 
PENGUKUHAN EKSKUL SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG


Acara yang di tandai dengan penyematan Name Tag dan Pemukulan Gong Oleh Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang ini di isi dengan banyak kegiantan. Setelah upacara pembukaan acara di lanjutkan dengan demo Pagi oleh Masing-masing Ektra Kurikuler berupa Lomba Yel-Yel, setiap Eksku menampilkan yel-yel yang seru dan unik. Setiap penampilan ekskul di berikan penilaian dan nantinya akan di umumkan siapakah yang terbaik untuk penampilan masing-masing ekskul tersebut.
Walaupun hujan mengguyur dengan derasnya tidak mengurangi semangat siswa untuk melaksanakan kegiatan yang telah di jadwalkan. Karena hujan yang turun dengan derasnya dan tidak berhenti maka kegiatan di lanjutkan di AULA Serba Guna SMA Plus Negeri 17 Palembang.

Pada malam harinya acara di lanjutkan dengan pengukuhan ektrakurikuler dan di lanjutkan dengan pentas seni, acara ini dilaksanakan di lapangan basket di tandai dengan penyalaan api unggun oleh Kepala SMA Plus Negeri 17 Pelembang, Bapak Drs. H Saiful Bahri. Semua peserta mengukuti dengan semangat, walaupun dari pagi kegiatan mereka telah ikuti. Masing-masing bidang ekstrakurikuler menampilkan jiwa seninya masing-masing, ada yang bernyanyi di iringi dengan gitar dan biola, ada yang menampilkan drama, ada menampilkan tari inda dan tari kecak.
Setelah acara pentas seni acara di lanjutkan malam keakraban antara senior dan junior masing-masing ekskul sampai dengan jam 1 malam. Acara di tutup pada pukul 06.00 wib dengan upacara penutupan.

 
PENGUATAN KOMPETENSI GURU

pembukaan penguatan kompetensi guru

Kegiatan yang di laksanakan di Gedung AULA SMA Plus Negeri 17 Palembang ini di ikuti oleh sub Rayon 16 yaitu

  1. SMA Plus Negeri 17 Palembang
  2. SMA Karya Ibu Palembang
  3. SMA Xaverius 2 Palembang
  4. SMA Muhammadiya 1 Palembang

Adapun Materi dari kegiatan Penguatan Kompetensi Guru ini antara lain,

  • CTL (Contentual Teaching Learning), yaitu  bagaimana konsep pengajaran yang di laksanakan sesuai dengan standar yang ada.
  • PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu bagaimana tindakan yang di lakukan pada kelas yang di berikan materi
  • Evaluasi diri sekolah

peserta kompetensi guru

Acara ini di ikuti oleh Wakil Kepala sekolah bidang Kurikulim masing-masing subRayon 16 dan Guru Mata Pelajaran. Tidak semua mata pelajaran yang di ikutkan, tetapi hanya beberapa mata Pelajaran saja, antara lain Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomu dan Bahas Inggris.
Materi Kegiatan ini di berikan oleh Pengawas DISDIKPORA Kota Palembang, antara lain Drs. H. Lukman Hakim, M.M, Drs. Zuhdi, Dra, Nurtika Sarji, Dra. Rini Herlina, M.Pd, Refi Indra, S.Pd, M.M,dan Drs Yuriz Rizal. Acara di mulai dari pukul 08.00, setelah acara pembukaan peserta langsung di berikan materi yang telah di sebutkan sebelumnya.

 
PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH

telkonlogi tepat gubaMGMP Biologi Kota Palembang mengadakan Workshop dengan tema “PERAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH”. Kegiatan ini di adakan di Ala SMA Plus Negeri 17 Palembang, pesertanya terdiri dari Guru Biologi SMA dan SMP dikota Pelembang. Acara yang di mulai sekitar pukul 08.00 ini di buka oleh Kepala DISDIKPORA Kota Pelembang diwakili oleh Bapak Drs. H. Lukman Hakim, M.M selaku Koordinator Pengawas Kota Pelembang.
Setelah pembukaan acara di lanjutkan dengan penyampaian Makalah dari PLH UNSRI Palembang yaitu Ibu Nurlaila. Materi yang di berikan yaitu Pengelolaan sampah Organik. Di lanjutkan dengan Penyampaian Makala yang ke dua dari Bagian Pengelolaan Lingkungan PTBA, materi yang di sampaikan yaitu Daur Ulang sampa AnOrganik
Materi ketiga di isi oleh Badan Lingkungan Hidup Pemda Kota Palembang,. Materi ini mengangkat tema upaya peningkatan kualitas lingkungan. Bagaimana fenomena alam yang terjadi sekarang ini seperti perubahan iklim global dengan meningkatnya permukaan air laut dan pemanasan global.  Upaya yang dilakukan oleh pemda dalam ini Badan Lingkungan hidup adalah dengan cara membentuk kampung ramah lingkunga dan adanya kegiatan mitigasi dan adaptasi. Setelah materi ketiga kegaiatan yang dilakukan adalah peragaan teknologi tepat guna dari limbah, adapun yang dijadikan objek peragaan antara lain, keripik bongkol pisang, susu biji nangka, kerajinan dari eceng gondok, pengawetan telur dri daun jambu biji, kerupuk dari tulang ikan dan aksesoris dari sisik ikan.
Tanggapan peserta yang mengikuti acara inipun beragam, di ataranya peserta dari SMA Nageri 16 ”Ada yang beda dari MGMP kali ini, istilahnya ‘Special Edition’ karena tidak membahas tentang materi pelajaran , tetapi bagaiman penerapan yang ada di materi tersebut, khususnya tentang materi lingkungan, tapi kalau untuk Teknologi tepat guna akan lebih berguna lagi kalau guru Mulok yang melihatnya”

 
« MulaiSebelumnya51BerikutnyaAkhir »

Halaman 51 dari 51


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.