“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 3843
Konten : 514
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 893917
Home Profil
Profile
SEJARAH SINGKAT

SMA Plus Negeri 17 Palembang mulai beroperasi pada Tahun Pelajaran 1997/1998, menempati gedung eks SGO dan PGSD dengan luas tanah 34.280 m2. Pada tahun pertama dan kedua, input yang diterima di sekolah ini sangat rendah karena masyarakat belum mengetahui visi, misi, dan tujuan pendidikan yang diterapkan di sekolah ini. Setelah dua tahun dikelola dengan upaya maksimal dan terarah, masyarakat mulai menyadari bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang benar-benar lembaga yang tepat untuk menitipkan pendidikan putra-putrinya pada jenjang menengah atas.

Memasuki Tahun Pelajaran 1999/2000 SMA yang berlokasi di Lebong Siarang ini mengemban tugas berat sekaligus mulia sebagai salah satu SMA Unggulan Sumatera Selatan dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Selatan nomor 067/I.11/KP/1999 tanggal 1 Juli 1999 tentang Penyelenggaraan Sekolah Unggul Propinsi Sumatera Selatan dan Nomor 129/I.11/KP/2000 tanggal 24 Januari 2000 tentang Pembukaan SMA-SMA Unggul di Sepuluh Kabupaten/Kodya Sumatera Selatan, serta diperkuat pula dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Sumatera Selatan nomor 244/SK/VII/2000 tanggal 30 Mei 2000 tentang Persetujuan Pembukaan SMA-SMA Unggul di Sepuluh Kabupaten/Kota Propinsi Sumatera Selatan.
Pada perkembangan selanjutnya, SMA Plus Negeri 17 Palembang ditetapkan sebagai Rintisan SMA Bertaraf Internasional berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemn Pendidikan Dasar dan Menengah  Departemen Pendidikan Nasional Nomor 564.a/C4/MN/2007  Tanggal  15 Juni 2007.

Mamasuki usia enam belas tahun, banyak prestasi yang sudah dicapai mulai dari tingkat kota hingga even internasional. Bidang karya tulis paling banyak menyumbang  prestasi, mulai dari even kota, propinsi, nasional hingga  internasional. Melalui program AFS, setiap tahun rata-rata empat siswa dikirim ke Amerika dan Jepang. Pada Olimpiade Tingkat Nasional tahun 2007 medali perak dan perunggu berhasil diraih melalui Komputer dan Kimia. Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional tahun 2010 dan 2012 kembali SMA Plus Negeri 17 Palembang memperoleh perunggu untuk bidang Kimia.
Para lulusan(Alumni) SMA Plus negeri 17 Palembang dari tahun ke tahun menunjukkan dinamika kemajuan yang cukup membanggakan. Lulusan SMA Plus Negeri 17 Palembang banyak diterima di perguruan tinggi negeri favorit dalam dan luar negeri, serta kedinasan. Hasil UN 2011/2012 yang baru lalu, SMA Plus Negeri 17 Palembang menempati peringkat satu propinsi Sumatera Selatan untuk peraihan NEM IPA dan IPS. Tercatat 20 orang siswanya menduduki peringkat teratas secara individu. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari pengelolaan yang terarah dan sistematis, serta komitmen yang tinggi dari segenap warga sekolah dengan ujung tombaknya adalah para guru. Ke depan diharapkan prestasi akan terus meningkat lebih banyak lagi.

 

 
KEBIJAKAN MUTU
  1. Berkomitmen untuk melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 secara konsisten di bidang pendidikan
  2. Berusaha untuk memuaskan semua stakeholder sekolah dengan meningkatkan secara terus-menerus pelayanan pendidikan
  3. Berusaha melaksanakan tindakan koreksi dan pencegahan berkesinambungan
  4. Memfasilitasi kegiatan supervisi, diskusi, evaluasi, dan revisi terhadap program yang telah dilaksanakan
  5. Menjunjung tinggi nilai-nilai keikhlasan
 
PROFIL KEPALA SEKOLAH

Kepala SekolahPedamaran merupakan sebuah kecamatan yang mulai berkembang di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan jarak 85 Km dari Palembang, ibu kota propinsi Sumatera Selatan. Meskipun belum dikenal oleh masyarakat luas Pedamaran merupakan kecamatan penghasil tikar, ikan, kayu dan hasil kebun dari masyarakat sekitar. di kecamatan inilah pada tanggal 7 September 1957  Drs. H. Syaiful Bahri dilahirkan. Beliau merupakan anak ke-2 dari 4 bersaudara pasangan Aminah (Alm) dan Dencik (Alm). Meskipun lahir di kecamatan yang mulai maju, beliau tidak pernah putus asa untuk mencapai cita-citanya, beliau percaya bahwa semua yang sudah direncanakan itu harus berhasil dan tidak boleh melakukan sesuatu hanya demi uang.

Selanjutnya...
 
TUJUAN
  1. Mempersiapkan peserta didik yang bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olahraga dan seni.
  3. Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
  4. Menanamkan peserta didik sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sikap sportivitas.
  5. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

 
Data Sekolah

NSS / NPSN                                : 301116007028 / 10603858

Nama Sekolah                             : SMA Negeri 17 Palembang
Alamat                                       : Jalan Mayor Zurbi Bustan
Kelurahan                                   : Sukajaya
Kecamatan                                 : Sukarami
Kota                                          : Palembang
Provinsi                                      : Sumatera Selatan
Kode pos                                   : 30151
Nomor telp./Fax                          : 0711-412651 / 0711-421007
Website/email                             : www.sman17plg.sch.id / Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
Tahun berdiri sekolah                   : 1997
Bentuk sekolah                           : Biasa/konvensional
Waktu Penyelenggaraan               : Pagi-Sore-Malam
Jarak Sekolah Setingkat terdekat   : ± 1 km
Akreditasi                                   : A (Amat Baik)
Luas tanah seluruhnya                  : 34.280 m2

 




Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.