• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Persiapan Guru Sukses Mengajar PJJ

Sesuai dengan kebijakan Belajar dari Rumah yang diambil Kemendikbud untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 pemerintah daerah juga telah menerapkan kebijakan ini sebagai bentuk memprioritaskan keselamatan guru dan peserta didik. Salah satunya SMA Plus Negeri 17 Palembang, terhitung 15 Maret 2020, juga melakukan kebijakan pembelajaran dari rumah sebagai bentuk tanggap darurat mencegah penyebaran virus covid-19.

 

Pembelajaran secara daring sebenarnya bukanlah hal baru untuk SMA Plus Negeri 17 Palembang. Sejak semester genap tahun lalu, kampus hijau ini telah melakukan pembelajaran dan evaluasi secara daring dengan lancar. Sistem pembelajaran daring ini tidak mengurangi kualitas dan produktivitas guru dan peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kunci sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.

Harapan program belajar dari rumah ini dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.   Untuk itulah sebelum malaksanakan pembelajaran di semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 ini SMA Plus Negeri 17 Palembang memantapkan persiapan dengan workshop singkat.

Kemampuan guru dalam memanfaatkan media teknologi dengan presentasi Zoom, Google Meet,  penugasan via Learning Management System (LMS) seperti Google Classroom, Schoology, evaluasi dengan Quizizz, pemberian tugas proyek dengan pemanfaatan Google Drive, presentasi interaktif, dan lain-lain. Hal ini mutlak harus dilakukan untuk mentransfer knowledge kepada peserta didik secara menarik dan efektif.

Pembelajaran terencana dan efektif dalam keterbatasan waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adaptif yang tepat dan mengatur langkah-langkah pembelajaran yang detail. Guru dan peserta didik dapat menetapkan tujuan pembelajaran sesuai ketersediaan waktu dan memilih materi yang akan disampaikan dengan langkah-langkah tepat dan akurat. Di sini guru dituntut pula untuk mengatur waktu dengan baik.