Informasi Program AFS dan Kakehashi

AFS Year Program:

Saat ini, negara-negara yang biasanya menjadi favorit calon peserta (Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Belanda, Swiss, Jepang, Finlandia) memiliki matriks hosting yang terbatas. Bila kita ingin memberikan kesempatan kepada lebih banyak siswa untuk berangkat, kita harus memberi informasi lebih banyak mengenai negara-negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Eropa Tengah dan Eropa Timur, serta Asia. Perkiraan kapasitas hosting masing-masing negara partner AFS yang bekerjasama dengan AFS Indonesia berdasarkan kuota Year Program 2021-2022.

 

AFS Short Program:

Pada Year Program 2020-2021, kita akan memberikan lebih banyak kesempatan bagi siswa yang ingin mengikuti program jangka pendek. Jangka waktu program yang tersedia adalah Very Short (2-4 minggu), Intensive (4-8 minggu), dan Trimester (60-90 hari). Perlu diketahui bahwa AFS memiliki banyak sekali variasi program untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan keinginan siswa dan orangtuanya, terutama yang tidak ingin mengikuti program jangka panjang (Year Program dan Semester Program), tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti Year Program, atau ingin mencapai tujuan spesifik (bahasa tertentu, negara tertentu, bidang minat tertentu, atau persiapan kuliah di luar negeri).

Program-program jangka pendek akan memiliki tautan pendaftaran yang berbeda di website www.afsindonesia.org, dengan persyaratan dan seleksi yang berbeda. Pendaftaran dan seleksi untuk program jangka pendek akan jauh lebih fleksibel, tidak memakan waktu lama, dan akan bisa dilakukan beberapa kali dalam setahun, tergantung kepada kebutuhan program. Informasi program jangka pendek terlampir. Hal ini kita lakukan untuk menjaring lebih banyak peminat dan memberikan kesempatan kepada lebih banyak siswa dan sekolah untuk mengikuti program.

Asia Kakehashi Semester Program:

Asia Kakehashi Program adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT) kepada 26 orang siswa Indonesia. Selama kurang lebih enam bulan siswa akan tinggal di keluarga angkat atau di asrama dan bersekolah di SMA di Jepang. Beasiswa mencakup biaya program, visa, dan tiket domestik. Persyaratan untuk mengikuti program ini sama dengan syarat mengikuti program AFS. Satu syarat tambahan untuk mengikuti seleksi program ini adalah sedang atau sudah mempelajari Bahasa Jepang, dibuktikan dengan dokumen tertulis (raport, sertifikat, surat keterangan tempat kursus).

Biaya Program AFS:

Pada intinya, semua program AFS membutuhkan biaya untuk operasional program. Sebagian besar porsi biaya tersebut harus ditutupi oleh Kontribusi Keluarga atau Family Pledge yang dibayarkan oleh peserta program dan keluarganya. Biaya program yang dibayarkan ditujukan untuk operasional program, dan sudah mencakup kebutuhan utama siswa dalam menjalani program, termasuk tiket internasional pergi-pulang, asuransi dari AFS, dan seluruh sistem pendukung selama menjalani program.

Beasiswa:

Beasiswa yang tersedia saat ini terbatas jumlahnya, dan biasanya hanya berupa beasiswa sebagian. Sebagian besar biaya program tetap harus ditanggung oleh orangtua.

Beasiswa-beasiswa tersebut di antaranya:

o Beasiswa AAI (AFS Asia-Pacific Initiative), jumlah beasiswa dan negara terbatas

o Beasiswa AFS JPN (tergantung kepada donor dan sponsor yang tersedia di tahun berjalan)

o Beasiswa dari pihak ketiga (tergantung kepada donor dan sponsor yang tersedia di tahun berjalan)


PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Pendaftaran Online (Online Registration)

Tahun ini tetap melaksanakan pendaftaran secara online. Calon peserta mendaftar dengan cara membeli PIN dari chapter agar dapat mengakses, mengaktivasi, dan mengisi seluruh data pendaftaran pada formulir pendaftaran online, melalui situs web Bina Antarbudaya http://seleksi.bina-antarbudaya.or.id/

 

Biaya Pendaftaran

Bina Antarbudaya menetapkan bahwa pada tahun 2020 ini biaya pendaftaran Seleksi Year Program 2021-2022 adalah Rp. 100,000,-