• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Perlombaan Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -73

Tidak terasa tanggal 17 Agustus segera menghampiri, dan pastinya akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang siap menghiasi peringatan kemerdekaan ini. Begitu juga di SMA Plus Negeri 17 Palembang, dari mulai menghiasi lingkungan dan jalanan dengan warna merah dan putih, latihan upacara bendera, hingga berbagai perlombaan yang khusus diselenggarakan guna memeriahkan perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Lihat Foto.

 

Dan hari ini, Rabu (15/08) perlombaan-perlombaan tersebut mulai dilaksanakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Perlombaan diadakan dapat menghibur dan mengundang gelak tawa dari para peserta didik dan warga sekolah lainnya yang memadati lapangan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

Lomba-lomba 17 Agustus yang diselenggarakan di SMA Plus Negeri 17 Palembang hari ini berupa lomba tarik tambang, dan lomba memindahkan belut. Pertandingan dilakukan antar kelas sehingga diperoleh kelas menjadi juara tiap cabang lomba. Bukan mencari juaranya yang menjadi target utama, akan tetapi kemeriahan dalam memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia ke-73 tahun 2018 ini.

Selain untuk mengenang perjuangan para pendahulu yang telah berjuang merebut kemerdekaan, perlombaan 17-an banyak memberikan manfaat. Diantaranya  dapat memperkuat kebersamaan dan kerukunan antar warga sekolah, menjadi media untuk bersosialisasi dan saling mengenal satu dengan lainnya.

Selain itu, perlombaan juga dapat menyehatkan badan dan juga dapat untuk penyegaran/refresing di antara padatnya jadwal pembelajaran. Lomba 17-an juga dapat memupuk jiwa persahabatan. Lomba tarik tambang dan memindah belut dalam satu tim/kelas, peserta didik harus saling menyumbangkan tenaga. Kekompakan adalah salah satu kuncinya. Dari sana mereka berupaya untuk saling bekerja sama demi meraih kemenangan.

Jiwa sprotifitas dalam perlombaan juga bisa secara langsung ditanamkan pada peserta didik. Dengan diawasi oleh para penonton, apalagi yang menonton adalah guru-gurunya, yang bisa menanamkan jiwa sportifitas kepada anak-anak didik mereka secara langsung.

Tak kalah pentingnya adalah dalam perlombaan 17-an melibatkan peserta didik  untuk menjadi panitia penyelenggara dalam hal ini OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang. Keterlibatan mereka dalam kepanitiaan sangat bermanfaat untuk melatih jiwa kepemimpinan. Mereka yang sejak muda sudah aktif berorganisasi, kelak dewasa mereka menjadi orang yang bisa diandalkan dan sangat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat.