“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 19
Konten : 537
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 1015039
Home Berita Melatih Disiplin Calon Peserta Didik Melalui Baris Berbaris
Melatih Disiplin Calon Peserta Didik Melalui Baris Berbaris
Rabu, 12 Juli 2017 16:02

Di hari kedua Selasa (11/07) Latihan Kedisiplinan Calon Peserta Didik Baru SMA Plus Negeri 17 Palembang, pelatih dari Ajendam II Sriwijaya sudah mulai mengenalkan latihan baris berbaris. Baris berbaris memegang peranan penting untuk kekompakan calon peserta didik tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi.

 

Tahap latihan baris berbaris yang diberikan antara lain; Gerakan ditempat, yaitu gerakan baris berbaris yang dilakukan ditempat misal : Sikap siap, istirahat, hormat, lencang kanan, jalan ditempat dan lain sebagainya. Gerakan ditempat adalah kunci sukses dalam latihan baris berbaris. Peserta didik dibiasakan dengan aba-aba dan gerakan yang tegas serta kompak maka dalam latihan pindah tempat dan berjalan akan menjadi mudah, karena secara emosi mereka sudah mulai terarah pada gerakan-gerakan selanjutnya.

 

Yang kedua adalah gerakan pindah tempat, gerakan baris berbaris dengan pindah tempat tanpa melakukan gerakan berjalan contohnya langkah kedepan/kebelakang, geser ke kekiri/kanan dan lain sebagainya. Yang ketiga, gerakan berjalan; dalam latihan ini, calon peseta didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah untuk memperhatikan dan mengoreksi gerakan setiap anggota, setelah anggota yang lain dianggap mampu baru digabung menjadi kelompok yang besar.

Langkah Biasa, yaitu membiasakan peserta untuk melakukan gerakan-gerakan langkah biasa, hal ini  juga dimaksudkan agar dapat diberikan dasar-dasar penyeragaman langkah.  Langkah Tegap, berupa gerakan baris berbaris dengan sikap yang tegap baik ayunan tangan dan kaki, termasuk hentakan kaki sehingga dapat menimbulkan irama yang tegap, kompak dan mantap.

 


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.