• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Latihan Kedisiplinan Tahun 2017 Hari Pertama

Kegiatan Latihan Kedisiplinan bagi calon peserta didik baru SMA Plus Negeri 17 Palembang secara resmi dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, kemarin, Senin (10/07) bertempat di lapangan upacara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan, calon peserta didik, kakak pendamping dan kakak pelatih dari Ajendam II Sriwijaya. Lihat kegiatan di sini.

Latihan kedisiplinan hari pertama kemarin difokuskan pada pengenalan awal kegiatan. Mulai dari pembukaan secara resmi, perkenalan dengan guru pendamping pleton, kakak pelatih dari TNI dan rencana kegiatan hari pertama tersebut. Dari pagi sampai siang hari, calon peserta didik dikenalkan dengan tahapan-tahapan seperti pentingnya kegiatan latihan kedisilpinan, mengpa harus dilakukan, kemudian tata cara pemanasan dengan senam pagi, dan pengenalan gerakan-gerakan dasar yang dipandu oleh kakak pelatih dari TNI.

Kegiatan latihan kedisiplinan ini memang identik dengan latihan baris-berbaris, akan tetapi banyak juga kegiatan yang dilaksanakan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup disiplin pada suatu organisasi masyarakat yang diarahkan terhadap terbentuknya karakter calon peserta didik. Peserta latihan kedisiplinan harus paham aba-aba yaitu suatu perintah komando yang diberikan oleh seseorang pemimpin kepada yang dipimpin untuk dilaksanakannya pada waktunya secara serentak atau berturut-turut dalam berbaris. Kemudian mereka diajarkan gerakan-gerakan dasar antara lain: Sikap sempurna atau siap, Hadap serong kanan, Hadap serong kiri, Hadap kanan, Hadap kiri, Balik kanan, Lencang kanan, Lencang depan, Jalan di tempat, Hormat, Berhitung, Istirahat di tempat.

Seluruh calon peserta didik sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hari pertama kemarin. Aktifitas yang membutuhkan fisik prima diselingi dengan canda gurau dari kakak pendamping dan kakak pelatih, sehingga meraka tidak merasa terbebani menjalani kegiatan tersebut. Bagi calon peserta didik yang merasa kurang fit dipersilahkan untuk beristirahat dan ditangani oleh tenaga kesehatan sekolah maupun dokter yang telah dipersiapkan.