• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Kegiatan Bulan Ramadhan 1438 H / 2017 M

Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang paling ditunggu oleh umat Islam di berbagai belahan dunia. Pada bulan Ramadhan, umat Islam wajib untuk menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan menjadi ladang pahala dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT pada hambanya yang menjalankan ibadah.  Warga SMA Plus Negeri 17 Palembang mengisinya dengan berbagai kegiatan positif melalui Pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan dari 8 – 14 Juni 2017.

 

Pada bulan penuh berkah dan rahmat inilah, umat Islam berlomba-lomba mencari pahala dan mengerjakan amalan-amalan yang baik. Terbukanya kesempatan menambah pahala dan berlomba untuk menggapai ridho Allah SWT, OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang berencana melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan.

Dimana pada kegiatan ini peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang dapat meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Sekaligus memperluas wawasan mengenai ajaran-ajaran agama Islam yang tersalurkan melalui kegiatan-kegiatan yang ada pada Pesantren Ramadhan tersebut.

Ada pun tujuan dari dari kegiatan ini adalah:

1. Untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang

2. Untuk menjalin ukhuwah islamiyah sesama umat muslim di lingkup SMA Plus Negeri 17 Palembang

3. Untuk menumbuhkan simpati dan empati peserta didik kepada orang yang membutuhkan melalui kegiatan zakat

Kegiatan yang akan diadakan dalam Bulan Suci Ramadhan ini adalah :

A. Pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan akan diisi dengan acara ceramah agama, zikir, sholat dhuha, tausiyah, dan do’a bersama di Masjid Baabul ’Ilmi.  Hari ini pengajian bersama Ust. H. Bukhori, M.Pd.I dengan tauziah berupa pendidikan karakter islami. Inti tauziah beliau adalah menggapai tujuan mewujudkan muslim yang berakhlak mulia dengan pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah.

B. Lomba MTQ

Lomba MTQ wajib diikuti oleh kelas X dan XI. Setiap kelas mengirimkan satu perwakilan. Surah yang akan dibacakan adalah Surah Al-Baqarah ayat 183 dan Surah Al-Isra’ ayat 1-3.  Peserta dapat memilih salah satu dari kedua surah ini.

C. Lomba Menulis Ayat

Lomba kaligrafi wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI. Lomba ini  berlangsung ketika lomba MTQ diadakan. Panitia menyiapkan kertas HVS. Peserta didik diharapkan membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Ayat yang akan ditulis yaitu Surah Al-Baqarah ayat 183 atau Ayat Kursi. Peserta dapat memilih salah satu dari kedua ayat tersebut.

D. Lomba Da’i / Da’iyah

Lomba Da’i / Da’iyah wajib diikuti oleh kelas X dan XI. Setiap kelas wajib mengirimkan satu perwakilan. Waktu yang diberikan tidak lebih dari 10 menit. Tema lomba adalah “Implementasi Peristiwa Isra’ Miraj Dalam Meningkatkan Ketaqwaan” dan “Kiat Menjadi Insan Mulia di Bulan Ramadhan”. Peserta dapat memilih satu tema dari kedua tema tersebut.

E. Lomba Menulis Tausiyah

Lomba Menulis Tausiyah wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI. Lomba ini berlangsung ketika lomba da’i diadakan, dimana seluruh peserta didik menulis tausiyah di kertas folio yang sudah disiapkan panitia. Tema tausiyah yang akan ditulis tidak ditentukan.

F. Lomba Lagu Islami

Lomba Lagu Islami wajib diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI. Setiap kelas mengirim satu grup perwakilan yang beranggotakan tidak lebih dari 8 orang. Lagu dapat dinyanyikan dengan alat musik atau secara acapella. Panitia hanya menyediakan mic dan pengeras suara. Alat musik disiapkan oleh masing-masing perwakilan.

Berikut agenda kegiatan bulan ramadhan selengkapnya:

No.

Tanggal

Jenis Kegiatan

Waktu

Tempat

1

8 Juni 2017

Pembukaan Pesantren Ramadhan

07.00 sd selesai

Masjid

Baabul ‘Ilmi

2

12 Juni 2017

Lomba MTQ

07.00 sd selesai

Masjid

Baabul ‘Ilmi

Lomba Menulis Ayat

Masjid

Baabul ‘Ilmi

3

13 Juni 2017

Lomba Da’i

07.00 sd selesai

Masjid

Baabul ‘Ilmi

Lomba Menulis Tausiyah

Masjid

Baabul ‘Ilmi

4

14 Juni 2017

Lomba Lagu Islami

07.00 sd selesai

Aula Taufik Ismail