“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 7
Konten : 523
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 956061
Home Berita Sosialisasi SNMPTN Tahun 2017
Sosialisasi SNMPTN Tahun 2017
Jumat, 20 Januari 2017 14:23

Kegiatan Sosialisasi SNMPTN 2017 dilaksanakan di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang, kemarin Kamis (19/01). Kegiatan ini mengundang seluruh orang tua peserta didik kelas XII untuk menerima sosialisasi dan pemahaman tentang SNMPTN 2017 dari Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si, DEA selaku Ketua Panitia SNMPTN Lokal Sumatera Selatan. Lihat Video

 

Hal ini didasarkan atas pengalaman pihak sekolah tahun lalu yang mendapat pertanyaan seputar SNMPTN dari orang tua peserta didik dan permintaan peserta didik kelas XII itu sendiri agar orangtua dihadirkan juga dalam pemberian informasi perihal teknis pelaksanaan SNMPTN 2017.

Kegiatan sosialisasi SNMPTN 2017 dimulai dengan pemaparan Prof. Zul tentang seluk beluk pelaksanaan SNMPTN 2017 dan diteruskan dengan tanya jawab. Setiap sekolah menengah harus mengisikan data prestasi peseta didik di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) agar para siswa bisa mengikuti SNMPTN. Sekolah yang peserta didiknya diperbolehkan mengikuti SNMPTN adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengikuti ujian nasional.

Keikutsertaan sekolah untuk mengikuti seleksi nasional (SNMPTN) itu sangat bergantung dari keaktifan sekolah dan peserta didiknya dalam mengikuti aturan yang ditetapkan Panitia Pusat SNMPTN. Mekanisme ini perlu disampaikan kepada seluruh guru dan siswa di sekolah masing-masing. Untuk tahun 2017 ini, sekolah beakreditasi A seperti SMA Plus Negeri 17 Palembang hanya memiliki 50 persen peserta didik terbaik saja yang dapat mengikuti pendaftaran SNMPTN.

Kejujuran sangat diharapkan dalam proses pengisian data calon peserta SNMPTN ini. Kemudian peserta didik diharuskan melakukan verifikasi data untuk mengonfirmasi bahwa data yang diisikan oleh Kepala Sekolah adalah benar. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, secara otomatis data yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar.

Mengenai penentu kelulusan peserta didik dalam SNMPTN yang banyak ditanyakan oleh orangtua dan peserta didik, Prof. Zul menyampaikan bahwa ada banyak faktor seperti: kualitas sekolah, indeks sekolah dilihat dari prestasi alumni di perguruan tinggi bersangkutan  dan indeks kejujuran pelaksanaan Ujian Nasional. Lebih lanjut, informasi mengenai SNMPTN dapat dilihat pada http://snmptn.ac.id/

 

 


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.