“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 15
Konten : 532
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 992882
Home Berita Kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah TP 2016-2017
Kegiatan Hari Pertama Masuk Sekolah TP 2016-2017
Senin, 18 Juli 2016 14:00

Kegiatan di SMA Plus Negeri 17 Palembang pada hari pertama masuk sekolah hari ini menjadi momen yang special. Kemarin, tanggal 17 Juli 2016 merupakan hari jadi SMA Plus Negeri 17 Palembang yang ke-19 dan bagi calon peserta didik baru Tahun Pelajaran 2016-2017 merupakan hari pertama masuk asrama. Hari ini, Senin (18/07) dimulailah kegitatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi calon peserta didik baru dan kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik kelas XI dan XII. Untuk mengawali semua kegiatan tersebut dilakukan apel pagi dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah. Lihat di sini.

Kegiatan PLS tahun ini dilakukan tepat pada hari pertama masuk sekolah setelah libur semester dan libur lebaran. Calon peserta didik baru sudah hadir di SMA Plus Negeri 17 Palembang sejak hari Minggu kemarin sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu masuk asrama. Dan pagi tadi dilaksanakan pembukaan rangkaian acara Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), Latihan Kedisiplinan (Latdis) dan Homestay tahun Pelajaran 2016-2017. Setelah apel pagi, dilanjutkan dengan kegiatan wawancara bagi calon peserta didik pleton 1-6 sementara pleton 7-12 mengikuti sosialisasi salah satu program unggulan SMA Plus Negeri 17 Palembang yakni Budaya Gemar Menulis dan Membaca (Bugemm) dan Penjelasan tentang Peminatan dan Lintas Minat.

Wawancara dilakukan di Aula Taufik Ismail dimana setiap calon peserta didik digali tentang kepribadian, imtaq dan prestasi yang pernah diraih. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kesungguhan dan potensi calon peserta didik dalam mengikuti seluruh kegiatan di SMA Plus Negeri 17 Palembang sehingga ke depan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik bersama seluruh warga sekolah. Selain itu diharapkan dapat memperoleh informasi calon peserta didik yang berprestasi dan dapat dikembangkan lebih lanjut seperti prestasi olimpiade sain, bahasa inggris, dan kemampuan non akademis yang lain.

Untuk sosialisasi program unggulan Bugemm dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dengan waktu wawancara namun bertempat di Aula Gedung B. acara ini dipandu oleh Ibu Eky Aprilia, S.Pd. dan Ibu Novita Indah Sari, M.Pd. di sini dikenalkan seluk beluk program Bugemm yang tentu saja banyak calon peserta didik belum mengetahuinya. Dalam kesempatan ini juga disampaikan juga pengalaman dan tips-tips serta motivasi dalam mengerjakan Karya Tulis Bugemm oleh kakak-kakak kelas XI dan XII yang merupakan pemenang dari seleksi karya tulis Bugemm terbaik semester yang lalu.

Setelah istirahat sholat dan makan, kegiatan dilanjutkan dengan informasi tentang Peminatan dan Lintas Minat yang dipandu oleh tim kurikulum SMA Plus Negeri 17 Palembang. Informasi tentang Peminatan dan Lintas Minat ini merupakan hal yang baru bagi calon peserta didik sehingga harus diperhatikan dengan seksama. Peminatan sesuai dengan Kurikulum 2013 ada tiga : Peminatan MIPA, IPS dan Bahasa, namun di SMA Plus Negeri 17 Palembang hanya membuka Peminatan MIPA dan IPS namun untuk lintas minat dapat mengambil pelajaran Peminatan Bahasa.

Semua kegiatan hari ini berjalan dengan baik dan lancar, calon peserta didik mengikuti dengan antusias tanpa ada perasaan terpaksa. Bahkan untuk sosialisasi program Bugemm, banyak calon peserta didik yang memberikan pertanyaan kepada penyaji dan kakak kelas seputar program ini.Karena tujuan PLS sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2016 antara lain mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.