• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Kegiatan Psikotes Untuk Seleksi Kelas Akselerasi

Kemarin, Selasa (30/07) SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan tahapan tes seleksi siswa yang akan masuk ke kelas akselerasi berupa psikotes. Bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang sebanyak 123 peserta didik kelas X mengikuti psikotes mulai pukul 08.00 WIB.

Tahapan ini merupakan tahap kedua setelah selesai tahap administrasi. Melalui psikotes akan dapat diketahui potensi siswa sehingga dapat mengukur prestasi yang dicapai selama ini, sesuai atau tidak dengan potensinya serta dapat diketahui hambatannya. Dengan demikian kelebihan dan kekurangan anak didik dapat diketahui, selanjutnya para pendidik dapat berbuat banyak untuk membenahi, membina dan menindak lanjuti dengan langkah yang tepat sehingga anak dapat berkembang, berprestasi secara sehat dan optimal.

Selain itu melalui psikotes dapat diketahui siswa yang cerdas, cepat menangkap, mengerti dan memahami pelajaran. Sebaliknya pada siswa yang kurang cerdas, mereka lamban bahkan kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang diterima, sehingga memerlukan penjelasan berulang-ulang dan diperbanyak latihan-latihan. Sehubungan dengan hal tersebut, bagi sekolah yang akan melaksanakan program khusus seperti Kelas Akselerasi harus mengetahui potensi masing-masing anak.

Sebagai model pelayanan, akselerasi dapat diartikan sebagai model layanan pembelajaran bagi siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan diberi kesempatan untuk mengikuti pelajaran pada kelas yang lebih tinggi. Sementara itu, model kurikulum, akselerasi berarti mempercepat bahan ajar dari yang seharusnya dikuasai oleh siswa saat itu sehingga siswa dapat menyelesaikan program studinya lebih awal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menganalisis materi pelajaran dengan materi yang esensial dan kurang esensial.

Siswa yang seharusnya menyelesaikan studi SMA (Sekolah Menengah Atas)-nya dalam waktu 3 tahun dapat menyelesaikan materi kurikulum (yang telah didiversifikasi) dalam waktu 2 tahun saja. Berdasarkan pengertian di atas, dapat dipahami bahwa akselerasi adalah program layanan belajar yang diperutukkan bagi mereka yang memiliki kemampuan tinggi supaya dapat menyelesaikan studinya sesuai kecepatan dan kemampuannya.