• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Kegiatan Homestay Calon Peserta Didik Baru

Kegiatan Homestay Calon Peserta Didik Baru SMA Plus Negeri 17 Palembang di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir telah usai dilaksanakan, hari ini Minggu (23/06) ditandai dengan pelepasan peserta Homestay kembali lagi ke Palembang. Foto-foto kegiatan dapat dilihat di Galeri Foto

Kegiatan Homestay calon peserta didik baru SMA Plus negeri 17 Palembang merupakan rangkaian dari acara Latihan Kedisiplinan dan MOS yang merupakan syarat bagi calon peserta didik sebelum dikukuhkan menjadi peserta didik. Pada hari pertama peserta didik melakukan ramah tamah dan pengenalan terhadap keluarga asuh dan lingkungan sekitar rumah tempat tinggal dan diakhiri dengan pengajian di Masjid setempat.

Di hari ke-dua, calon peserta didik mengawali hari dengan melaksanakan rutinitas senam pagi bersama kakak-kakak dari TNI dilanjutkan dengan mandi dan melakukan aktivitas makan pagi. Berikutnya melaksanakan kegiatan membantu orang tua angkat dalam kegiatan sehari-hari, seperti membersihkan rumah, mencuci piring, menyapu halaman dan kegiatan rutin orang tua dalam mata pencaharian sehari-hari. Di sore hari dilaksanakan acara bakti sosial berupa pembagian sembako, bingkisan, beasiswa dan pakain pantas pakai kepada penduduk kurang mampu.

Di hari ke-tiga para calon peserta didik mengumpulkian data untuk membuat sebuah karya tulis sederhana mengenai berbagai aspek kehidupan di desa tempat homestay seperti kondisi sosial, ekonomi, kepemudaan dan lain sebagainya.  Mereka melakukan wawancara dengan penduduk setempat ataupun aparat desa setempat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih lingkungan sebelum pelaksanaan pelepasan dan berpamitan kembali ke Palembang.

Manfaat yang ingin dicapai dalam program ini adalah:
1.    Mengenalkan calon peserta didik untuk peka terhadap kondisi lingkungan di luar lingkungan sehari-hari mereka
2.    Memberikan pengalaman baru kepada calon peserta didik dalam hidup bermasyarakat yang plural
3.    Menambah dan mempererat tali silaturahmi warga SMA Plus Negeri 17 Palembang dengan penduduk setempat di lokasi homestay
4.    Memperluas wawasan calon peserta didik tentang arti solidaritas dan kebersamaan.