• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Evaluasi Bugemm Tahap II

Dijadwalkan selama dua hari ini (Jumat dan Sabtu, 14 dan 15 Juni 2013) SMA Plus Negeri 17 Palembang menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Bugemm tahap kedua. Kegiatan Kurikulum ini merupakan bagian akhir dari rangkaian pelaksanaan program Bugemm semester genap.

Tahap akhir dari kegiatan Bugemm (Budaya Gemar Menulis dan Membaca) adalah  ujian/evaluasi Bugemm. Berupa presentasi karya tulis di hadapan guru penguji dan teman-teman dan diakhiri dengan tanya jawab serta dikritisi sehingga diperoleh karya tulis yang sempurna. Di semester genap ini, evaluasi Bugemm merupakan evaluasi tahap kedua dimana hasilnya sebagai syarat nilai Bugemm yang dicantumkan dalam rapor akhir nantinya.

Program Bugemm ini merupakan program unggulan di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Melalui kegiatan Bugemm ini, banyak hal positif yang diperoleh peserta didik, guru, dan sekolah.  Bagi peserta didik, program ini mengajak mereka memiliki budaya membaca, menulis, dan berpikir serta melakukan kegiatan ilmiah.  Tak sedikit yang merasakan manfaat program ini, bahkan mampu berprestasi. Terakhir adalah Indones Junior siswa kelas XI IA 3 yang baru saja memenangi medali perunggu Lomba Karya Tulis belia se-Asia Pasifik. Bagi guru, memacu dan memotivasi profesionalisme mereka.  Selain itu, dapat menumbuhkan iklim ilmiah di lingkungan sekolah.

Laporan Bugemm adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang yang dibimbing oleh guru sebagai implikasi dari budaya membaca yang diprogramkan oleh sekolah. Laporan tersebut disusun setiap semester, pada semester satu peserta didik menyusun laporan dalam bahasa Indonesia dan semester dua dalam bahasa Inggris atau sebaliknya.  Dengan demikian, dalam satu tahun pelajaran, peserta didik menyusun dua laporan Bugemm.

Evaluasi Bugemm dapat diikuti oleh peserta didik jika peserta didik telah menyelesaikan laporan Bugemm dan mendapat rekomendasi dari pembimbing. Evaluasi Bugemm dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah.  Evaluasi Bugemm dilakukan oleh guru (bukan pembimbing peserta didik yang bersangkutan).  Ketika evaluasi, peserta didik mempresentasikan laporan dan dilanjutkan dengan tanya jawab dari penguji dan atau peserta didik yang lain.