• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Sosialisasi Program Edmodo

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang bekerjasama dengan Seamolec mengadakan sosialisasi Program Edmodo, Kamis (16/05) di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kegiatan ini diikuti oleh 22 SMA dan 7 SMK Negeri di lingkungan Kota Palembang.

Tujuan sosialisasi ini adalah memperkenalkan pembuatan digital book dan edmodo sebagai media pembelajaran jarak jauh. Rencananya program ini akan disosialisasikan ke sekolah SMA dan SMK yang ada di Kota Palembang dengan cara melatih beberapa guru dari beberapa SMA dan SMK untuk menjalankan program Edmodo untuk pembelajaran jarak jauh.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Dikpora, Drs. H. Riza Pahlevi, M.M., dihadiri oleh perwakilan Seamolec Ibu Cahya K. Ratih dan Ibu Anti Rismayanti, perwakilan guru dari 22 SMA dan 7 SMK Negeri se Kota Palembang. Kegiatan ini dimulai dari jam 09.00 WIB sampai dengan jam 11.30 WIB berjalan dengan tertib dan lancar. Isi kegiatan berupa pengenalan program Edmodo untuk pembelajran jarak jauh dan pembuatan buku digital.

Tentang Seamolec
SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara.Alasan untuk pembentukan SEAMOLEC, antara lain adalah keyakinan bahwa sekolah konvensional saja tidak akan mampu memenuhi pendidikan untuk semua. Selain itu, beberapa negara anggota SEAMEO telah menerapkan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kesempatan dan akses bagi peserta didik untuk berpartisipasi dalam program pendidikan / pelatihan.

Masih ada beberapa negara anggota SEAMEO yang belum mengadakan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh meskipun kebutuhan pendidikan dan pelatihan tidak dapat diberikan oleh lembaga konvensional yang ada. Dalam rangka untuk mempromosikan pelaksanaan pembelajaran terbuka dan jarak jauh dan mendorong pertumbuhan yang ada program pembelajaran terbuka dan jarak jauh untuk memenuhi permintaan "pendidikan untuk semua", proposal proyek SEAMOLEC dikembangkan.

Tujuan dari SEAMOLEC adalah melakukan program yang relevan yang responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini di bidang pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Dalam formulasi yang lebih spesifik, tujuan adalah untuk membantu Negara-negara anggota SEAMEO dalam mempromosikan dan mendorong pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara lain untuk memenuhi permintaan untuk pendidikan dan pelatihan. Dalam hal ini, pembelajaran terbuka dan jarak jauh dapat berfungsi untuk melengkapi, menambah, atau mengganti instruksi kelas konvensional.
Merancang, mengembangkan, mengevaluasi, mempromosikan, meningkatkan dan memperluas layanan mereka sehingga mempercepat partisipasi siswa, drop out pun berkurang tingkat, dan meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas;
Membangun hubungan koperasi untuk saling membantu dan pembentukan jaringan pembelajaran terbuka dan jarak jauh, dan Mengidentifikasi, memperoleh, dan memanfaatkan sumber daya.

Untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran, SEAMOLEC akan menyelenggarakan fungsi pelatihan, penelitian dan pengembangan, informasi, konsultasi, dan sumber daya yang menghubungkan pada setiap aspek pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Niat untuk SEAMOLEC adalah bahwa hal itu akan menjadi spesialis dalam organisasi / lembaga yang terbuka dan pembelajaran jarak jauh, dan tidak bertentangan dengan lainnya Pusat SEAMEO. Ada tujuh fungsi yang diusulkan oleh tim studi untuk semua negara anggota SEAMEO ditinjau. Tujuh fungsi SEAMOLEC bisa diterima. Komentar tim peneliti yang diterima dari negara-negara anggota pada kegiatan untuk setiap fungsi. Fungsi adalah sebagai berikut:

Untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan dan praktek terbuka dan jarak jauh sistem pembelajaran.
Untuk melakukan penilaian kebutuhan, penelitian dan evaluasi terbuka dan belajar jarak jauh, dan teknologi pendidikan.
Untuk menyebarluaskan informasi mengenai pembelajaran terbuka dan jarak jauh dan penggunaan teknologi untuk membuat belajar lebih efektif.
Untuk mendorong pengaturan kerjasama dan hubungan antara lembaga-lembaga regional / nasional dan antara Pusat dan pembelajaran terbuka dan jarak jauh eksternal.
Untuk memfasilitasi antar lembaga terbuka dan pembelajaran jarak jauh courseware akuisisi, pertukaran, pengembangan dan adaptasi di wilayah tersebut.
Untuk mempromosikan berbagi dan pertukaran keahlian dan sumber daya lain untuk peningkatan kualitas dalam pembelajaran terbuka dan jarak jauh.
Untuk menyarankan terbuka dan jarak penyedia belajar di negara-negara anggota SEAMEO pada identifikasi, penguasaan dan pemanfaatan sumber daya termasuk pemilihan teknologi tepat guna.