• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

SELEKSI TAHAP II

Setelah Tahap I (seleksi administrasi) PSB selesai dilakukan dengan diumumkannya peserta yang lulus tahap pertama, SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan Seleksi Tahap II berupa tes tertulis atau Tes Potensi Akademik, Minggu 24 Februari 2013. Pelaksanaan ujian ini berlangsung di ruang kelas, Aula, Perpustakaan dan beberapa ruang gedung di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

Total sejumlah 612 peserta hadir mengikuti tes tertulis seleksi Tahap II dari 687 orang yang yang dinyatakan lulus seleksi Tahap I Penerimaan Siswa Baru SMA Plus Negeri 17 Palembang. Mereka mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA), yang terdiri dari dua macam tes tertulis yaitu Tes Kemampuan Dasar (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) sebanyak 75 soal dan Kemampuan Akademik (Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan Sejarah) sebanyak 100 soal dengan antusias. Tes Kemampuan Dasar dimulai pada pukul 08.00 10.00 WIB istirahat 30 menit kemudian dilanjutkan Tes Kemampuan Akademik pada jam 10.30 13.00 WIB semua dikerjakan dengan menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK.), maka peserta seleksi diwajibkan menggunakan pensil 2B.

Tes Potensi Akademi (TPA) merupakan suatu standar tes yang bertujuan untuk mengukur potensi akademik calon siswa dengan membandingkan potensi satu calon siswa dengan siswa lain secara obyektif. Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang.

Secara keseluruhan, pelaksanaan Seleksi Tahap II ini berjalan tertib dan lancar sesuai jadwal. Tes tertulis ini adalah tahap kedua dari seluruh rangkaian tes PSB SMA Plus Negeri 17 Palembang. Hasil tes tertulis akan diumumkan pada 1 Maret 2013 mendatang. Bagi yang lolos tes tertulis, akan menjalani tes tahap ketiga, yaitu tes wawancara.