• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

LOMBA 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)

Untuk mensukseskan Program Adiwiyata, OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan lomba 3R (Reduce, Reuse,Recycle) pada hari Sabtu, 23 Februari 2013. Lomba dibagi 2 kategori, internal SMA Plus Negeri 17 Palembang sendiri dan eksternal dari SMP Binaan Adiwiyata. Lihat Galeri Foto

Sampah sudah menjadi hal yang sangat lumrah dijumpai di kehidupan sehari-hari, segala sesuatu yang dianggap tidak berguna dianggap sebagai sampah. Sampah terbagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Contoh sampah organik adalah daun-daun kering, sisa makanan, sisa sayur dan buah-buahan. Sampah organik dapat dengan seendirinya terurai secara alami. Namun, lain halnya dengan sampah anorganik, seperti plastik botol, kaleng, kertas, tisu, dan lain-lain. Sampah anorganik sulit terurai jika tidak diolah terlebih dahulu.
Sampah anorganik banyak menimbulkan permasalahan, maka perlu diadakan cara untuk mengolah sampah anorganik tersebut tanpa merusak lingkungan salah satunya mendaur ulang sampah tersebut dikenal dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
Sesuai dengan visi SMA Plus Negeri 17 Palembang, yaitu Menjadi Sekolah Unggul yang berwawasan lingkungan dan berkarakter bangsa maka diadakan kegiatan yang dapat mengatasi permasalahan sampah anorganik tersebut, sekaligus memotivasi siswa untuk berpikir kreatif agar dapat memanfaatkansampah anorganik menjadi produk yang layak pakai serta memiliki nilai jual.

Tujuan dari lomba 3R ini adalah:
1. Mewujudkanvisi SMA Plus Negeri 17 Palembang yaitu berwawaan lingkungan.
2. Mengurangi sampah anorganik yang ada di lingkungan sekolah.
3. Meningkatkan kreatifitas siswa dalam mendaur ulang sampah anorganik menjadi produk yang layak pakai dan memiliki nilai jual.
4. Meningkatkan jiwa Enterpreneurship dalam diri siswa.
5. Mempererat tali silaturahmi antar siswa dan menjalin kerja sama dengan 10 SMP Binaan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

Hasil lomba adalah sebagai berikut:
Lomba 3R Eksternal untuk SMP binaan yaitu membuat suatu barang dengan memanfaatkan sampah anorganik:
1. Tim SMP Negeri 18 dengan nomor peserta 4
2. Tim SMP Negeri 48 dengan nomor peserta 3
3. Tim SMP Negeri 13 dengan nomor peserta 26
Lomba 3R Internal SMA Plus Negeri 17 Palembang yaitu membuat kotak sampah dengan bahan dasar ember bekas atau kaleng cat bekas:
1. Tim kelas X-A
2. Tim kelas XI IPS
3. Tim kelas XI IA 1