• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

SENAM SABTU PAGI

Seperti biasa, setiap hari Sabtu pagi SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan Kegiatan Senam Pagi Bersama yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.  Kegiatan ini selain untuk menjaga kesehatan, juga bertujuan untuk memupuk kebersamaan antara Kepala Sekolah, guru, staf, karyawan dan peserta didik kelas X dan XI SMA Plus Negeri 17 Palembang sehingga terjalin kerja sama yang baik demi kemajuan dan kebersamaan antar warga sekolah.

Kegiatan senam pagi yang dilaksanakan sekali dalam satu minggu selama 45 menit ini mampu meningkatkan kesehatan dan kebersamaan antar seluruh warga SMA Plus Negeri 17 Palembang. Jenis senam pagi seperti yang dilakukan di SMA Plus Negeri 17 Palembang adalah senam aerobik. Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif, berirama cepat sesuai dengan fungsi senam aerobik itu sendiri diselingi gerakan lucu yang dipimpin oleh seorang instruktur. Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Tapi bila dilakukan secara tidak benar bisa menimbulkan cedera.

Senam aerobik dilaksanakan selama 45 menit sampai satu jam setelah sebelumnya dilakukan pemanasan. Pemanasan selama 10 menit, dilanjutkan dengan latihan inti selama 40 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pendinginan selama 10 menit yang diiringi musik sesuai dengan iramanya. Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja dan belajar seminggu penuh menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh meningkat. Disamping itu, kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan di antara warga sekolah dan merupakan suatu rekreasi yang murah.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang sangat perlu diadakan secara rutin untuk menjaga kesegaran jasmani guru, karyawan dan khususnya para siswa di sekolah dan merupakan salah satu aktifitas jasmani yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Gerakan-gerakan pada senam pagi selain melatih otot-otot pada tubuh juga melatih gerakan motorik pada anak. Dengan gerakan motorik yang terlatih, diharapkan anak, dalam hal ini siwa dapat lebih terampil dan kreatif dalam melakukan aktifitas sekolah sehari-hari.

Selain itu, gerakan senam pagi juga dapat  melancarkan peredaran darah sehingga siswa lebih sehat dan segar, mencegah siswa agar tidak mengantuk dan bermalas-malasan di kelas. Sinar matahari pagi juga bagus bagi siswa karena kandungan vitamin D alaminya. Jika siswa sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi mereka akan meningkat dan memudahkan mereka untuk menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas.