• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

ULANGAN SEMESTER DAN ULANGAN TENGAH SEMESTER PROGRAM AKSELERASI

US-UTS CIBI

Selama lebih kurang seminggu ini ( 21`-28 Januari 2013), SMA Plus Negeri 17 Palembang menyelenggarakan Ulangan Semester Ganjil untuk kelas XII Program Akselerasi dan Ulangan Tengah Semester Genap kelas X Program Akselerasi.

Program Akselerasi merupakan salah satu layanan pendidikan khusus di SMA Plus Negeri 17 Palembang kepada peserta didiknya yang berbakat akademik dan berkecerdasan luar biasa. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan peningkatan layanan agar dapat berlangsung secara optimal dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik yang memang “unggul”dan merupakan aset harapan masa depan bangsa.
Akselerasi berarti mempercepat bahan ajar dari yang seharusnya dikuasai oleh siswa saat itu sehingga siswa dapat menyelesaikan program studinya lebih awal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menganalisis materi pelajaran dengan materi yang esensial dan kurang esensial.
Proses pembelajaran siswa akselerasi sama dengan siswa regular. Jika peserta didik akselerasi dikumpulkan dalam satu kelas tersendiri maka guru dan siswa dapat menerapkan berbagai strategi belajar. Ciri dominan proses belajar yang khas pada siswa akselerasi adalah pembelajaran individual atau mandiri lebih kontras dilaksanakan daripada siswa regular. Komponen belajar yang juga penting adalah sistem evaluasi. Pada dasarnya sistem evaluasi program akselerasi sama dengan program regular yang terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester (blok), ulangan semester dan Ujian Nasional/Sekolah. Perbedaan terletak pada tes-tes pilihan materi-materi yang bereskalasi sehingga butir-butir soal mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan cakupan yang lebih luas.