• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

EVALUASI BUGEMM TAHAP PERTAMA

Selama dua hari ini (Jumat dan Sabtu, 21-22 Desember 2012) SMA Plus Negeri 17 Palembang disibukkan dengan kegiatan Evaluasi Bugemm tahap pertama. Kegiatan ini sebagai bagian akhir dari rangkaian pelaksanaan program Bugemm.

Bugemm (Budaya Gemar Menulis dan Membaca) adalah salah satu program unggulan di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Melalui kegiatan Bugemm ini, banyak hal positif yang diperoleh peserta didik, guru, dan sekolah.  Bagi peserta didik, program ini mengajak mereka memiliki budaya membaca, menulis, dan berpikir serta melakukan kegiatan ilmiah.  Bagi guru, memacu dan memotivasi profesionalisme mereka.  Selain itu, dapat menumbuhkan iklim ilmiah di lingkungan sekolah.

Laporan Bugemm adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang yang dibimbing oleh guru sebagai implikasi dari budaya membaca yang diprogramkan oleh sekolah. Laporan tersebut disusun setiap semester, pada semester satu peserta didik menyusun laporan dalam bahasa Indonesia dan semester dua dalam bahasa Inggris atau sebaliknya.  Dengan demikian, dalam satu tahun pelajaran, peserta didik menyusun dua laporan Bugemm.

Tujuan penulisan Bugemm antara lain adalah: dapat menumbuhkembangkan budaya membaca peserta didik, menumbuhkembangkan budaya menulis peserta didik, dan menumbuhkembangkan budaya ilmiah peserta didik.

Pembimbingan penulisan Bugemm ini dilakukan secara menyeluruh dari pengajuan judul, persiapan penelitian, penyusunan instrumen, pelaksanaan dan penyusunan laporan.  Secara bertahap penyusunan laporan dimulai dari pendahuluan, landasan teori, prosedur penelitian, hasil penelitian dan pembahasan dan penutup.

Evaluasi Bugemm dapat diikuti oleh peserta didik jika peserta didik telah menyelesaikan laporan Bugemm dan mendapat rekomendasi dari pembimbing. Evaluasi Bugemm dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah.  Evaluasi Bugemm dilakukan oleh guru (bukan pembimbing peserta didik yang bersangkutan).  Ketika evaluasi, peserta didik mempresentasikan laporan dan dilanjutkan dengan tanya jawab dari penguji dan atau peserta didik yang lain.