• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

BIMTEK PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH GURU

bimtek kti

SMA Plus Negeri 17 Palembang bekerja sama dengan Jurusan Bahasa FKIP UNSRI  menggelar bimbingan teknis (bimtek) guna meningkatkan kemampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah (KTI) dan jurnal penelitian dengan nara sumber: Dra. Hj. Sri Indrawati, M.Pd. dan Drs. Kasmansyah, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Desember 2012 mulai pukul 08.30 sampai selesai bertempat di Ruang Multimedia diikuti oleh seluruh guru SMA Plus Negeri 17 Palembang.

 


Bapak Kepala Sekolah menjelaskan, latar belakang digelarnya bimtek ini adalah memberikan motivasi kepada para guru untuk membuat karya tulis ilmiah dan jurnal penelitian. Sekolah akan terus memfasilitasi pengembangan teknis penulisan karya tulis ilmiah yang selama ini telah sering dilaksanakan dalam kaitannya dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh para guru. Kenyataan di lapangan bahwa guru-guru SMA Plus Negeri 17 Palembang sudah melakukan penyusunan tulisan/laporan ilmiah. Sehingga kegiatan ini lebih kepada memotivasi dan menyegarkan kembali minat guru untuk melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Kedua, semakin memantapkan kemampuan  guru dalam melaksanakan bimbingan kepada para siswa dalam menulis Bugemm (Budaya Gemar Menulis dan Membaca). 
Yang merupakan hal baru dalam Bimtek ini adalah pengenalan pengelolaan jurnal ilmiah. Jurnalistik berasal dari kata journ yang dalam bahasa Perancis berarti catatan atau laporan harian. Secara sederhana, jurnalistik diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari (Assegaf, 1983).  Secara teknis, jurnalistik adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berrkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya (Sumadiria, 2005).  Ciri-ciri bahasa jurnalistik adlah sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, jernih, menarik, demokratis, menggunakan kalimat aktif dan menghindari kata atau istilah teknis. Jurnal ilmiah merupakan jurnalistik meida cetak berkala yang memuat tulisan ilmiah (artikel hasil penelitian lapangan atau artikel kajian pustaka). Jurnal ilmiah hanya memuat satu bidang ilmu dan diterbitkan oleh organisasi profesi ilmiah, perguruan tinggi, atau lembaga ilmiah.

 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah dari guru-guru maupun siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang.