• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

PENGUKUHAN EKSKUL DAN APRESIASI SENI 2012

Dua kegiatan besar digelar di waktu yang bersamaan oleh SMA Plus Negeri 17 Palembang pada Sabtu 10 November 2012, masing-masing adalah Pengukuhan Ekskul dan Apresiasi Seni.  Pengukuhan ekskul dilaksanakan untuk mengukuhkan keanggotaan siswa di dalam jenis ekstrakurikuler pilihannya masing-masing untuk siswa kelas X dan XI. Sementara untuk apresiasi seni diperuntukkan untuk siswa kelas XII diwajibkan untuk pengambilan nilai mata pelajaran kesenian.

Acara Pengukuhan Ekskul dimulai jam 06.45 WIB dengan upacara pembukaan yang ditandai dengan pengalungan name tag dan pemukulan gong Oleh Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang Bapak Drs. H. Syaiful Bahri, M.M. ini diisi dengan banyak kegiatan yang dipusatkan di lapangan upacara dan sekitar lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Setelah upacara pembukaan, acara Demo Pagi digelar oleh masing-masing Ektrakurikuler berupa penampilan khas masing-masing ekskul. Kemudian dilanjutkan acara Defile Budaya mengelilingi lingkungan SMA Plus 17 Palembang dengan memakai berbagai macam pakaian penuh hiasan yang menarik dan unik dilanjutkan lomba jingle ekskul. Pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pengukuhan ektrakurikuler dan Pentas Seni, ditandai dengan penyalaan api unggun oleh Bapak Kepala Sekolah. Semua peserta mengikuti dengan semangat, dari Sabtu pagi hingga Minggu pagi. Masing-masing bidang ekstrakurikuler menampilkan jiwa seninya masing-masing dengan total; bernyanyi, menari, dan bermain drama. Suasana keakraban, kekompakan, kebersamaan, sportivitas, penghargaan antara anggota ekstrakurikuler terlihat jelas dalam kegiatan ini. Memberi semangat pada cabang ekskul yang sedang tampil bukan hanya oleh anggota ekskul tersebut tetapi antar anggota ekskul berbeda cabang pun saling memberi dukungan.  Bukan kemenangan yang mereka cari walaupun memang ada sistem penjurian di tiap tangkai kegiatan.
Sementara untuk acara Apresiasi Seni digelar di AULA SMA Plus Negeri 17 Palembang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah. Secara umum mengapresiasi adalah mengerti serta menyadari sepenuhnya, sehingga mampu menilai secara semestinya. Memang acara ini berrtujuan sebagai pengambilan nilai Kesenian bagi siswa kelas XII semester ini. Dalam kaitannya dengan kesenian, apresiasi berarti kegiatan mengartikan dan menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni serta menjadi sensitif terhadap gejala estetis dan artistik sehingga mampu menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Persiapan dan kesungguhan siswa dalam kegiatan ini sangat tinggi, sehingga tak diragukan lagi totalitas semua siswa dalam berbagai hal; dari kostum, atribut, properti, alat musik, dan ekspresi yang dituangkan dalam aksi panggung seni drama, tari, musik, nyayian sekaligus hiburan dari setiap kelas. Banyak pesan-pesan moral dan mendidik ditampilkan para siswa termasuk kepedulian akan lingkungan hidup, solidaritas, peduli terhadap sesama dan saling menghargai satu sama lainnya.
Alhamdulillah, meskipun dua kegiatan ini digelar pada waktu yang sama, tetapi tetap dapat berjalan tertib dan lancar. Dengan demikian semakin menunjukkan bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang bukan hanya memaksimalkan segi akademis saja tetapi juga pengembangan cabang ekstrakurikuler dan kreatifitas seni tetap dianggap penting untuk membentuk karakter penerus bangsa di masa depan yang unggul.